Lantik 131 Kades, Plt Bupati Trenggalek: Langsung Kerja

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Plt Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin saat melantik 131 kepala desa

jatimnow.com - Plt Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin atau Cak Ipin melantik 131 kepala desa (kades) di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Jumat (19/04/2019). Cak Ipin meminta kepada para kades untuk langsung bekerja.

Para kades yang dilantik ini merupakan hasil pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada bulan Februari 2019 lalu.

Cak Ipin meminta kepada para kepala desa untuk langsung bekerja. Ia juga menekankan dalam waktu tiga bulan pertama para kades harus menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa. Nanti hasilnya akan disinkronkan dengan perencanaan tahunan Kabupaten Trenggalek yang berkaitan dengan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Tadi kita sudah sepakat minimal dalam setahun akan ada dua kali pertemuan untuk membahas hal ini," ujar Cak Ipin, Jumat (19/04/2019).

Menurut Cak Ipin, Pemkab Trenggalek juga akan memberikan apresiasi dengan memberikan bantuan keuangan bagi desa yang dinilai berhasil. Untuk mendapatkan bantuan keuangan ini terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) harus sudah berjalan.

"BUMDES ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, juga berperan dalam program pengentasan kemiskinan. Desa juga harus memiliki inovasi sehingga bisa maju dan kreatif," tamnbahnya.

Para kepala desa juga diminta untuk ikut menjaga situasi tetap kondusif pascapemilu. Meskipun pelaksanaan pemilu telah usai, masyarakat masih banyak yang belum bisa menerima hasilnya. Untuk itu kepala desa diimbau selalu melakukan pendekatan terhadap masyarakat agar situasi kondusif tetap terjaga.

"Ini juga merupakan pesan dari Kapolres Trenggalek, situasi pasca pemilu harus tetap kondusif," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter