Kecelakaan KA Sancaka di Ngawi, Polisi Tetapkan Sopir Truk Tersangka

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Mohammad Sholeh Ajiaman, sopir truk yang ditetapkan tersangka

jatimnow.com -Dianggap sebagai penyebab kecelakaan KA Sancaka yang melibatkan truk trailer dan dan mobil avanza, sopir truk trailer yang sempat menghilang pun ditetapkan sebagai tersangka.

Polisi menetapkan Mohammad Sholeh Ajiaman (40), warga Desa Jambirejo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro tersebut, karena dianggap lalai.

"Setelah diperiksa 1x24 jam, sopir truk kita tetapkan sebagai tersangka. Ia terbukti bersalah dan lalai, sehingga menyebabkan kecelakaan," kata Kapolres Ngawi, AKBP Pranatal Hutajulu, Minggu (8/4/2018).

Ia menjelaskan, pengakuan tersangka menyatakan, pada saat kejadian dirinya memang sedang berisitirahat. Pada saat ingin pulang, ia mengambil perlintasan yang tidak tepat.

 "Tersangka yang sudah tahu akan adanya kecelakaan melompat dan lari," tambah Pranatal.

Ia mengatakan, tersangka sempat kabur. Dan ditangkap tidak jauh dari tempat kejadian perkara. "Kami menangkapnya masih di Ngawi," urainya.

Tersangka dikenakan pasal Pasal 359 KUHP Subs Pasal 360 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dunia. "Tersangka sudah kami tahan di rutan Ngawi," terangnya

Sebelumnya, kecelakaan Kereta Api (KA) Sancaka di Ngawi menewaskan sang masinis. Kecelakaan juga mengakibatkan gerbong kereta terlempar keluar rel dan membuat lokomotifnya terguling.

Kecelakaan tersebut berawal dari KA Sancaka yang melaju dari arah barat atau Yogyakarta menuju Ngawi. Saat di lokasi kejadian atau sebelum Stasiun Walikukun, melintas kendaraan truk trailer di Desa Sambirejo, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, tepat di perlintasan kereta api tanpa penjagaan.

"Karena jarak yang sudah terlalu dekat, kereta api akhirnya menabrak truk trailer bermuatan material proyek. Truk trailer terseret beberapa meter dari lokasi kejadian, sedangkan badan KA terguling ke sisi kiri rel kereta api," kata Kasat lantas Polres Ngawi, AKP Rukimin, Jumat (6/4/2018).

Tidak hanya itu, sebuah mobil avanza yang terparkir di area tersebut, juga mengalami kerusakan berat lantaran terkena gerbong kereta yang keluar rel. Beruntung, tidak ada orang dalam mobil tersebut.

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter