Ketika Berbikini di Kawah Ijen

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Irul Hamdani

Foto yang diunggah akun Instagram hope_y

jatimnow.com - Ada pemandangan berbeda di Puncak Gunung Ijen. Foto-foto sejumlah cewek seksi berbikini di atas Kawah Ijen beredar luas di media sosial (medsos) Instagram.

Padahal, Gunung Ijen yang terkenal degan kawahnya itu merupakan destinasi wisata vulkanologi yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso.

Sederet foto cewek seksi berbikini itu beredar di Instagram yang diunggah dengan tagar atau #ijen berlatar belakang keindahan Kawah Ijen yang fenomenal.

Dari peelusuran jatimnow.com, foto-foto yang diunggah akun Instagram hope_y yang mengunggah foto cewek seksi berbikini merah dengan posisi berdiri membelakangi sebuah pohon kering dan Kawah Ijen.

Ada pula akun Instagram @visnyakovsky yang mengunggah foto cewek seksi berbikini hitam bermotif bunga dan menggunakan masker dengan posisi rebahan di tepi Kawah Ijen. Anti-mainstream, begitu kira-kira.

Foto yang diunggah di akun Instagram @visnyakovsky

Lantas, apa respon Dinas Pariwisata Banyuwangi?

"Itu budaya mereka (orang barat) mas," jawab Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramudya, kepada jatimnow.com, Sabtu (20/4/2019).

Diakuinya, sejuah ini belum ada aturan khusus yang mengatur soal sesi foto atau video yang diambil di Kawasan Wisata Cagar Alam Kawah Ijen. Namun wisatawan diminta memperhatikan soal keselamatan.

"Yang jelas saat naik mereka harus memakai baju yang layak," tambahnya.

Namun, Bram-sapaan akrabnya menganggap perlu ada regulasi yang mengatur khusus seperti hal yang dimaksud. Bagaimana pun juga pengelolaan wisata tidak bisa meninggalkan norma dan kearifan lokal yang berkembang di sekitarnya.

"Tapi ini masukan bagus biar BKSDA membuat imbauan dan lainnya. Termasuk kalau bisa ya ada personel yang memantau di atas," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter