Kecelakaan KA Sancaka, Perbaikan Rel di Ngawi Rampung

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Proses mencoba rel yang sudah diperbaiki dengan crane

jatimnow.com - Proses evakuasi gerbong dan kereta api (KA) Sancaka yang kecelakaan dengan truk trailer dan mobil avanza sudah dinyatakan selesai, Jumat (7/4/2018) malam.

Demikian juga untuk pemasangan rel kereta yang sempat anjlok sepanjang 300 meter juga sudah selesai.

"Evakuasi gerbong dan lokomotif sudah selesai kemarin sekitar pukul 21.30 wib. Perbaikan jalur juga sudah selesai pukul 22.40 WIB," kata DAOP VII PT KAI, Supriyanto kepada jatimnow.com, Minggu (8/4/2018).

Ia mengatakan, setelah selesai pihakny langsung melakukan uji coba perjalanan, dengan cara melewati track dengan crane.

"Untuk perjalanan KA pertama yang melewati jalur tersebut adalah KA Malioboro ekspres jam 01.19 wib. Selanjutnya bergantian KA-KA dari arah barat dan timur melewati jalur tersebut," katanya.

Ia mengaku, memastikan kondisi jalur aman terlebih dahulu sebelum dilalui oleh perjalanan KA, dan akan dipantau setiap waktu. Saat ini, Supriyanto mengklaim jalur sudah bisa dilintasi.

"Jalur sudah bisa dilintasi seperti biasanya. Hanya saja dengan kecepatan terbatas. Dan mungkin ada keterlambatan," tambahnya.

Ia mengatakan, PT KAI minta maaf atas keterlambatannya. Serta jadwal dan jalur yang berubah akibat ada kecelakaan Sancaka di 250+8 masuk Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi.

Sebelumnya, kecelakaan Kereta Api (KA) Sancaka di Ngawi dipastikan menewaskan sang masinis. Kecelakaan yang juga mengakibatkan gerbong kereta terlempar keluar rel dan membuat lokomotifnya terguling.

Kecelakaan tersebut berawal dari KA Sancaka yang melaju dari arah barat atau Yogyakarta menuju Ngawi.

Saat di lokasi kejadian atau sebelum Stasiun Walikukun, melintas kendaraan truk trailer di Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, tepat di perlintasan kereta api tanpa penjagaan.

"Karena jarak yang sudah terlalu dekat, kereta api akhirnya menabrak truk trailer bermuatan material proyek. Truk trailer terseret beberapa meter dari lokasi kejadian, sedangkan badan KA terguling ke sisi kiri rel kereta api," kata Kasat lantas Polres Ngawi, AKP Rukimin, Jumat (6/4/2018).

Tidak hanya itu, sebuah mobil avanza yang terparkir di area tersebut, juga mengalami kerusakan berat lantaran terkena gerbong kereta yang keluar rel. Beruntung, tidak ada orang dalam mobil tersebut.

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter