Peringati Hari Otonomi Daerah, Mendagri Ingatkan Area Rawan Korupsi

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional ke-23 di Banyuwangi

jatimnow.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo mengingatkan kepala daerah se Indonesia untuk memahami area rawan korupsi pada pemerintahan.

"Kami hanya mengingatkan saja termasuk diri saya. Untuk harus memahami area rawan korupsi," kata Menteri Tjahjo saat memimpin peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional ke-23 di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Kamis (25/4/2019).

Menurutnya terdapat 6 area atau pos di pemerintahan yang dinilai rawan terjadi korupsi maupun adanya upaya-upaya yang bersifat jebakan.

6 area rawan korupsi itu, kata dia, pada tahap perencanaan anggaran dengan DPRD. Kedua, dana hibah dan bansos. Ketiga, retribusi dan pajak. Yang ke empat masalah perizinan.

"Kalau sudah ada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ya sudah, harus online terbuka, jangan ada tatap muka," tegasnya.

Mendagri juga menegaskan kepada gubernur, walikota, dan bupati untuk tidak melakukan praktik-praktik jual beli jabatan. Yang ke enam, lanjutnya, untuk menghindari hal itu dia menekankan kepada setiap daerah untuk membuat e-planning dan e-government.

Yang ke enam, untuk menghindari terjadinya praktik korupsi, baik pemerintah provinsi maupun daerah ditekan untuk membuat e-planning, e-government seperti contoh di Banyuwangi ini yang telah menerapkan sistem online dan terbuka.

"Melayani masyarakat dan investor sesuai aturan yang ada, jangan ada tatap muka. Tapi sesuai mekanisme, sesuai peraturan, sesuai undang-undang yang ada. Itu area rawan korupsi yang ada," paparnya.

"Area rawan korupsi itu di perencanaan anggaran, dana hibah-bansos, mark-up proyek, kemudian jual beli jabatan. Itu harus selalu saling mengingatkan termasuk diri saya juga harus selalu diingatkan. Jangan sampai kejebak ke masalah-masalah itu," tukasnya.

Peringatan Hari Otoda ke-23 tersebut dihadiri oleh ratusan kepala daerah serta ribuan pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Banyuwangi.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter