16 Siswa Binaan LPKA Blitar Ikut UNBK

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Petugas LPKA tengah menjaga proses UNBK anak binaan.

jatimnow.com - Sebanyak 16 anak dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar, Senin (09/04/2018) pagi mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA.

Sejak pukul 07.00 WIB para siswa binaan dibawa menggunakan mobil menuju lokasi ujian.

Keenam belas anak binaan tersebut mengerjakan naskah ujian menggunakan komputer di SMA YP Kota Blitar dengan didampingi oleh petugas LPKA.

"Anak binaan yang mengikuti UNBK dibagi dua sesi. Sesi pagi ini yang ikut ada tujuh anak. Yang sesi kedua ada sembilan anak yang akan kita antar ke SMA YP Kota Blitar ini," kata Kasubsi Pendidikan dan Latihan Keterampilan LPKA Kelas I Blitar Sugeng Budianto Senin (09/04/2018).

Dijelaskannya, 16 anak binaan yang mengikuti UNBK tahun 2018 ini adalah laki-laki dari berbagai kasus, rata-rata didominasi oleh anak yang tersangkut kasus Perlindungan Perempuan dan Anak.

Mereka yang mengerjakan naskah soal dilebur dalam satu kelas dengan tiga siswa lain dari SMA YP Kota Blitar.

Pelaksanaan ujian sudah dilakukan sejak tiga Minggu lalu. Puncaknya pada pelaksanaan UNBK yang saat sedang digelar. Enam belas anak yang mengerjakan naskah soal berasal dari beberapa wilayah di Jawa Timur.

"Ujian sekolah sudah terselenggara sejak tiga Minggu lalu. Semua anak yang ikut ujian berasal dari seluruh wilayah di Jawa Timur. Mereka akan mengikuti UNBK selama empat hari kedepan," kata sugeng.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan ujian, pihak LPKA Kelas I Blitar sudah memberikan pembelajaran pada anak di masing-masing kamar.

Selain itu dari pihak SMA YP Kota Blitar juga telah memberikan pembelajaran rutin sampai jam sekolah selesai.

"Mulai tahun ini kita kerjasama dengan SMA YP Kota. Untuk kelulusan kita tidak mengikuti dan hanya mempersiapkan hak pembelajaran bagi anak binaan. Kelulusannya nanti langsung diserahkan ke Cabang Dinas daerah asal mereka masing-masing," imbuhnya.

Hari pertama UNBK SMA, siswa binaan akan mengerjakan naskah soal Bahasa Indonesia yang dikerjakan dalam waktu dua jam.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto



jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter