Menengok Aktivitas Pondok Ramadan Para Janda Lansia di Blitar

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Para lansia di Blitar mengikuti pondok ramadan

jatimnow.com - Ada yang berbeda di Pondok Lanjut Usia (Lansia) Al Mawadah di Dusun Bendelonje, Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, di bulan puasa. Para janda lansia itu disibukkan dengan kegiatan rutin Pondok Ramadan 2019.

Pondok ramadan untuk para wanita lansia itu dipusatkan di komplek Masjid Mustajabud Da'awaad, pondok lansia itu. Pondok ramadan ini diikuti para lansia di atas usia 50 tahun dari berbagai daerah di Jawa Timur. Setiap hari, mereka menimba ilmu Agama Islam untuk bekal di sisa usianya.

"Saya memang suka cari ilmu, biar nanti khusnul khotimah. Saya ini bodoh tidak sekolah. Semoga bisa terus kumpul sama teman-teman," kata Mbah Surati (87) usai tadarus, Jumat (10/5/2019).

Mbah Surati merupakan seorang warakawuri atau janda asal Kanigoro. Sehari-hari ia tinggal di rumah sendirian. Anak cucunya hidup dengan kesibukannya masing-masing, sehingga ia mengikuti pondok ramadan untuk ibadah berjamaah ketimbang sendirian di rumah.

Pondok Lansia Al Mawadah ini gratis bagi siapapun lansia yang mengikutinya. Selain mengaji dan mendengarkan ceramah, senam kebugaran menjadi salah satu kegiatan yang diikuti setiap hari.

Di beberapa waktu, para janda lansia ini juga saling memijat satu sama lain. Ini sebagai bagian dari relaksasi agar tidak jenuh. Tak jarang, aksi para lansia dalam senam dan memijat juga memancing tawa sesama lansia.

Para janda lansia ini mengikuti pondok ramadan hingga sepuluh hari di bulan puasa. Mereka ditampung di komplek Masjid Mustajabud Da'awaad. Penyelenggara juga memanfaatkan bangunan pondok bambu sebagai tempat untuk para peserta beristirahat.

Ide pondok lansia ini berawal dari kegiatan senam lansia. Setidaknya kegiatan ini telah berlangsung sejak 10 tahun lalu. Mereka yang mengikuti serangkaian pondok ramadan ini tidak dipungut biaya. Seluruh biaya yang dibutuhkan untuk proses mengaji di pondok lansia ditanggung penyelenggara dari para donatur.

"Tujuannya agar lansia maksimal menjalankan ibadah, tidak menggantungkan keluarga mereka serta bisa istikhomah beribadah," ungkap Penyelenggara Pondok Lansia, Sri Banun.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter