Napi Lapas Tulungagung yang Kabur Tertangkap di Sidoarjo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Petugas Lapas Klas IIB Tulungagung menunjukkan foto napi yang kabur

jatimnow.com - Heri Siswanto, Narapidana Lapas Klas IIB Tulungagung yang kabur pada bulan Maret 2019 lalu, tertangkap di Sidoarjo. Napi kasus pencurian itu tertangkap massa saat menjambret di kawasan Perumahan Taman Pinang, Kelurahan Lemahputro, Kabupaten Sidoarjo.

Kasi Bimbingan Narapidana dan Kegiatan Kerja Lapas Klas 2b Tulungagung, Dedi Nugroho mengatakan, napi itu tertangkap pada 21 April 2019 lalu. Atas ulahnya, Heri pun mendekam di sel tahanan Polsek Sidoarjo Kota.

Dedi menyebut, Heri diamankan polisi setelah dihakimi warga karena tepergok menjambret. Polsek Sidoarjo Kota kemudian melakukan cek silang ke Polsek Kedungwaru. Pengecekan itu menyusul adanya kesamaan identitas, wajah dan sidik jari yang tercatat sebagai buron setelah kabur dari Lapas Klas IIB Tulungagung.

"Dari hasil tersebut dipastikan Heri merupakan narapidana yang kabur pada 11 Maret 2019 lalu," kata Dedi, Sabtu (11/5/2019).

Baca juga:  

Meskipun sudah tertangkap, namun narapidana kasus pencurian ini tidak bisa langsung dikembalikan ke Lapas Tulungagung. Heri masih akan menjalani proses hukum di Sidoarjo terkait kasus penjambretan yang dilakukannya.

Heri Siswanto, Napi Lapas Tulungagung yang kabur

Kasus Heri kemungkinan masih akan bertambah, karena diduga ia sempat mencuri sepeda motor warga di Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru saat pelariannya dari lapas tersebut.

"Untuk memastikan, tentunya jajaran Polsek Kedungwaru harus melakukan pemeriksaan terlebih dulu. Tidak bisa serta merta dikembalikan ke lapas," tambahnya.

Heri merupakan narapidana yang divonis 2 tahun 8 bulan. Ia diketahui kabur dengan cara menjat dinding atap sisi utara Lapas Tulungagung sekitar pukul 10.00-14.00 Wib.

Petugas baru mengetahui kaburnya Heri Siswanto, warga  Desa Klepek, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri itu, saat menggelar apel sore.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter