Hadang Truk Lawan Arus, Aiptu Antasari Dipuji Warga dan Pengendara

Editor: Arif Ardianto Narendra Bakrie / Reporter:

Petugas Polisi Aiptu Antasari tengah menghadang truk lawan arus di Jalan Genteng Surabaya.

jatimnow.com - Pengguna jalan dan warga di Jalan Genteng Besar Surabaya, Rabu (11/4/2018) sekitar pukul 09.00 Wib, heboh.

Mereka melihat aksi seorang polisi lalu lintas yang sedang menghadang laju sebuah truk yang saat itu sedang melawan arus.  

Apa yang dilakukan oleh petugas tersebut, patut diacungi jempol. Tidak memberikan sanksi tilang, tapi petugas tersebut memberikan efek jera bagi pengendara nakal.

"Benar, itu anggota Timsus Speed kami. Namanya Aiptu Antasari," sebut Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pandia kepada jatimnow.com.

Aksi Aiptu Antasari itupun membuat pengguna jalan dan warga berteriak, memberikan semangat kepada Antasari.

"Ayo Pak. Pukul mundur terus. Biar nggak ngawur truk-nya," kata Antasari menirukan teriakan pengguna jalan dan warga, saat dihubungi jatimnow.com.

Tidak hanya mendapat support dari warga dan pengguna jalan. Aksi Antasari juga diabadikan seorang warga.

Melalui akun twitter @arifbintang7, warga ini mengunggah foto aksi Antasari dengan caption 'Pukul mundur terus Pak. Truk lawan arus dihadang polisi di Jalan Genteng Besar'.

Kepada jatimnow.com Antasari bercerita. Saat itu dirinya memang sedang patroli di kawasan Jalan Tunjungan Surabaya. Saat hendak sarapan di daerah Pasar Genteng. Antasari melihat sebuah truk cold diesel jenis bak warna kuning biru sedang melawan arus.

Antasari kemudian turun dari motor trailnya dan berdiri sambil meminta sopir truk untuk mundur.

"Si sopir sempat memohon ke saya agar bisa keluar dengan melawan arus menuju Jalan Tunjungan. Tapi tidak saya tanggapi," aku Antasari.

Darisanalah, Antasari terus memaksa truk tadi mundur sejauh 100 meter untuk kembali ke jalur semestinya.

"Saat itu sangat padat kendaraan yang melintas. Dan aksi truk melawan arus sangat berbahaya. Baik bagi pengguna jalan lainnya maupun sopir truk itu sendiri," beber Antasari.

Terkait aksi anggotanya tersebut, AKBP Pandia mengapresiasinya. Pandia menyebut, tugas Satlantas tidak hanya melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas saja. Melainkan melakukan penghalauan para pelanggar seperti yang dilakukan Antasari tersebut.

"Tidak ada kompromi bagi pelawan arus seperti truk tadi. Apa yang dilakukan anggota saya (Aiptu Antasari) tadi, adalah salah satu contoh kinerja kami di lapangan," tandas Pandia.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter