Tak Lengkap, 100 Berkas Calon Jamaah Haji Blitar Dikembalikan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Kantor Kementeriaan Agama Blitar.

jatimnow.com - Sebanyak 100 berkas dari 200 Calon Jamaah haji asal Kabupaten Blitar dikembalikan kepada pemilik.

Berkas persyaratan yang akan digunakan untuk pemberangkatan ibadah haji 2018 dinilai masih belum lengkap.

100 berkas yang dikembalikan merupakan dokumen persyaratan ibadah haji untuk kuota lansia dan kuota penggabungan suami-istri.

"Ada 100 berkas. Itu karena ada aturan baru kalau setiap berkas harus dilengkapi dengan stempel legalisir. Terutama untuk lampiran administrasi kependudukan, yang akan dipakai untuk pembuatan paspor" kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementrian Agama Kabupaten Blitar Syaikul Munib di kantornya Rabu (11/04/2018).

Selain harus dilegalisir, berkas persyaratan administrasi kuota lansia dan penggabungan suami-istri juga akan mendapatkan perlakuan scanning. Menurutnya, hal itu untuk mencegah terjadinya pemalsuan data.

Munib menjelaskan, tahapan penerimaan berkas persyaratan untuk keberangkatan jamaah haji kuota lansia dan penggabungan suami-istri, akan dibuka hingga memasuki tahapan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

"Sambil kita nunggu sampai pelunasan tahap pertama dibuka. Sampai sekarang ya itu tadi, yang lengkap baru seratus, yang belum juga segitu," terang dia.

Dia menambahkan, meski dua kuota yang disiapkan pemerintah berjumlah dua ratus lebih, namun jumlah itu belum pasti diberangkatkan seluruhnya.

"Pengalaman dari tahun sebelumnya yang mengajukan permohonan lewat dua kuota ini pasti lebih. Tapi belum tentu semuanya berangkat. Tergantung dari persetujuan Kanwil Jawa Timur," tandasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter