Melihat Keunikan Masjid di Mojokerto Berornamen Kerajaan Majapahit

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Masjid Darul Muttaqin di Mojokerto

jatimnow.com - Masjid Darul Muttaqin terletak di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Mojokerto juga bernama Masjid Majapahit.

Dinamakan Majapahit karena masjid ini berornamen atau berukiran khas kerajaan yang pernah berjaya di Indonesia dengan Gajah Mada yang mengucapkan Sumpah Amukti Palapa.

Masjid ini dibangun tahun 2010 silam dan sengaja didirikan untuk mengingatkan masyarakat pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit di bumi nusantara.

Masjid Darul Muttaqin berada di pinggir jalan raya bypass Mojokerto jika dilihat dari luar tidak jauh beda dengan bangunan masjid-masjid pada umumnya. Yang membedakan adalah ornamen ukiran yang mengelilingi kubah dan pilar serta ruang dan beberapa sudut bangunannya.

Ornamen ukiran ini merupakan ukiran khas Kerajaan Majapahit, seperti ukiran Surya Majapahit dan Bunga Teratai mendominasi bangunan masjid.

Takmir Masjid Darul Muttaqin, Abdul Hamid mengatakan memasuki bulan suci Ramadan, tempat beribadah umat Islam ini sering dikunjungi dan menjadi tempat singgah para musafir.

"Banyak jamaah menjadikan masjid digunakan untuk persinggahan bagi para musafir saat bulan suci Ramadan untuk beribadah, istirahat dan menunggu berbuka puasa," kata Hamid, Minggu (19/5/2019).

Salah satu jamaah dari Sidoarjo, Sutrisno mengatakan dirinya sering berhenti untuk mendirikan salat dan beristirahat di masjid berukiran khas Kerajaan Mojopahit ini.

"Saya sering mampir, hampir setiap perjalanan ke luar kota ya salat disini. Menurut saya pribadi masjid ini ada sejarahnya. Suasananya nyaman dan kamar mandi terawat bikin jamaah tenang," katanya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter