Sebar Hasutan Aksi 22 Mei, Seorang Pilot Ditangkap di Surabaya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Sang pilot digelandang dua polisi (foto: Akun Instagram @Polres_Jakbar)

jatimnow.com - Penangkapan seorang pilot dari perusahaan penerbangan swasta di Indonesia oleh polisi, beredar di media sosial (medsos) Instagram. Akun yang mengunggah penangkapan itu adalah akun Instagram @Polres_Jakbar.

Dari penelurusan jatimnow.com, akun Instagram @Polres_Jakbar itu mengunggah empat foto sekitar pukul 22.00 Wib, Minggu (19/5/2019). Empat foto itu terdiri dari dua foto seorang yang diduga pilot digelandang dan dua foto merupakan postingan sang pilot pada akun Facebook-nya.

Berikut isi caption akun Instagram @Polres_Jakbar terkait penangkapan sang pilot:

SEBARKAN HASUTAN DI MEDSOS, PILOT DITANGKAP

Seorang pilot perusahaan penerbangan swasta nasional, diamankan Satreskrim Polresmetro Jakarta Barat di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 18 Mei 2019. Dari hasil Patroli Siber Subnit Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat, Pelaku berinisial IR kedapatan menyebarkan pesan yang bermuatan ujaran kebencian atau hate speech secara masif dan menyesatkan melalui akun facebook IR.

Dalam postingannya, IR menyebarkan konten ujaran kebencian serta narasi narasi yang yang mengandung teror, hasutan dan menakutkan. Salah satunya pesan yang disebarkan melalui akun facebooknya adalah menghasut masyarakat untuk melakukan perlawanan pada tanggal 22 Mei 2019 saat pengumumam resmi hasil rekapitulasi KPU RI.

Capture akun Instagram @Polres_Jakbar terkait penangkapan pilot

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edy Suranta Sitepu membenarkan penangkapan tersebut.

"Benar kami telah menangkap seorang pilot yang menyebarkan ujaran kebencian di media sosial, dan melanggar UU ITE, saat ini masih kami dalami motif pelaku menyebarkan ujaran kebencian atau Hate Speech di medsos tersebut,ujarnya.

Selain memposting konten yang mengandung hasutan dan mengandung teror, pelaku juga telah melakukan penyebaran konten-konten HOAX salah satunya adalah "Polri Siap Tembak di tempat perusuh NKRI".

Terkait penangkapan tersebut, jatimnow.com mencoba mengonfirmasi Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera.

"Benar, tapi yang menangani Polda Metro Jaya. Jadi kita hanya membantu saja," jawab Barung, Senin (20/5/2019).

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter