Deretan Mobil Terbakar di Dekat Markas Brimob, Polisi: Bukan di Asrama

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: LKBN Antara

Deretan mobil yang hangus terbakar di dekat Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta (Foto-foto: Antara)

jatimnow.com - Belasan mobil yang berada di sekitar Asrama Brimob, Petamburan, Jakarta pusat, Rabu (22/5/2019) pagi hangus terbakar akibat kerusuhan yang terjadi di kawasan itu.

Mobil yang terbakar itu berada di dalam ataupun di luar kompleks Asrama Brimob. Bangkai mobil masih berada di tempat kejadian.

Polisi dibantu warga sekitar menangkap beberapa orang yang diduga melakukan pembakaran. Perusuh yang tertangkap dibawa masuk ke dalam Asrama Brimob untuk menjalani pemeriksaan.

Kasus ini diduga berawal ketika polisi membubarkan paksa massa yang berkumpul di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan MH Thamrin, Selasa (21/5/2019) malam.

Sebenarnya, massa yang tidak puas dengan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah bubar usai melainkan Salat Tarawih di depan Bawaslu, Selasa malam itu. Namun, menjelang tengah malam, kembali muncul kelompok massa di depan Kantor Bawaslu sehingga polisi membubarkan paksa.

Massa membakar sejumlah ban bekas

Tindakan ini memicu bentrokan, bahkan sebagian massa menggunakan bom molotov. Massa lalu bergerak ke arah Petamburan sehingga kerusuhan meluas ke kawasan ini. Polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa.

Bentrokan di Petamburan ini memicu pembakaran mobil di sekitar Asrama Brimob.

Massa kemudian berkerumun di perempatan jalan depan Masjid Jami' An Nur, kawasan Petamburan. Asap membumbung di titik pertemuan Jalan Jati Baru Raya, Jalan KS. Tubun Raya dan Jalan Brigjen Katamso akibat pembakaran ban dan sejumlah benda lainnya oleh massa.

Titik tanpa pembakaran hanya ada di Jalan KS Tubun Raya dari arah Museum Tekstil.

Sebagian dari massa mempersenjatai diri dengan batu dan kayu sembari berteriak memprovokasi petugas kepolisian yang berbaris di Jalan KS Tubun Raya dari arah Slipi atau Asrama Brimob.

Sekitar pukul 08.50 Wib, seorang warga dievakuasi dengan digotong beramai-ramai oleh warga-warga lainnya ke rumah sakit terdekat karena terluka di bagian kepala. Namun, belum bisa dipastikan penyebab luka warga tersebut.

Sementara, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono memastikan, Asrama Brimob Petamburan dalam kondisi aman.

"Kebakaran yang terjadi di halaman parkir, bukan di gedung asrama," ungkapnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter