Para Perusuh di Jakarta Ditangkap, 257 Orang Ditetapkan Tersangka

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: LKBN Antara

Polda Metro Jaya membeberkan para tersangka dan barang bukti (Foto: Antara)

jatimnow.com - Polisi mengamankan sebanyak para perusuh aksi 21-22 Mei 2019 dari beberapa lokasi di Jakarta. Setidaknya terdapat 257 orang ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari Polda dan Polres Jakarta Barat kita sudah angkut tersangka 257," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Rabu (22/5/2019) malam.

Argo mengatakan, bahwa tersangka kericuhan jumlahnya bisa terus bertambah, karena tim di lapangan masih mengembangkan kasus tersebut.

"Apakah bisa berkembang? Bisa. Jadi nanti secara periodik akan saya sampaikan kalau ada perkembangan kasus ini," ujarnya.

Argo mengungkap bahwa pelaku kerusuhan bukan dari Jakarta, melainkan berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat yang telah merencanakan aksi kericuhan di Ibu Kota.

"Para tersangka diamankan di daerah Gambir, Bawaslu dan Petamburan," ungkap Argo.

Dari tangan para tersangka, disita sejumlah barang bukti seperti HP, cerulit, petasan dan mercon.

Menurut Argo, kerusuhan di beberapa lokasi di Jakarta, sengaja direncanakan. Para tersangka ini disuruh dan sudah disetting.

"Para tersangka ini kebanyakan dari luar Jakarta, dari Jawa Barat kemudian datang ke Masjid Sunda Kelapa, ketemu beberapa orang di sana kemudian sedang kita cari siapa orang yang ditemui," terang Argo.

Setelah berkumpul, para pelaku kemudian bergerak menuju Asrama Brimob Petamburan dan melancarkan kericuhan di sana. Terkait hal ini, polisi juga sudah memiliki barang bukti rekaman.

"Kemudian merencanakan menyerang asrama polisi di Petamburan. Ada barang buktinya, ada rekamannya, ini sudah disetting melakukan penyerangan ke polisi," tambahnya.

Dari para tersangka yang ditangkap, lanjut Argo, rata-rata adalah pengangguran.

"Pelaku juga tatoan, ini sampel aja salah satunya. Juga perlu disampaikan, mayoritas tidak bekerja dan dari luar Jakarta," beber Argo.

Selain itu, para tersangka, menurut Argo, memang sengaja ingin berbuat kericuhan dengan menyerang sejumlah lokasi di Jakarta, salah satunya Asrama Brimob Petamburan.

"Di Petamburan ada batu, busur dan sudah tertata di pinggir jalan. Jadi, massa datang sudah siap. Kita sedang cari siapa yang siapkan barang tersebut," tandasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter