Mendagri Keluarkan Surat Pemberhentian Bupati Tulungagung Nonaktif

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Wakil Ketua DPRD TUlungagung, Adib Makarim

jatimnow.com - DPRD menggelar rapat untuk menindaklanjuti pemberhentian Bupati Tulungagung Nonaktif , Syahri Mulyo. Pemberhentian ini berdasar surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri yang diterima pada 22 Maret 2019.

Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Adib Makarim menjelaskan, dalam rapat tersebut pihaknya berencana akan menggelar rapat paripurna. Dalam rapat tersebut mereka akan memmberhentikan Maryoto dari Wakil Bupati, dan mengusulkannya ke Mendagri sebagai Bupati Tulungagung sebagai pengganti Syahri Mulyo.

"Maka sesuai aturan Undang-undang nomor 10 dan 23, 10 hari setelah menerima surat, kami wajib menggelar rapat paripurna," ujarnya, Kamis (23/05/2019).

Setelah menggelar rapat paripurna, mereka akan menunggu surat dari Mendagri terkait pelantikan Maryoto Birowo menjadi Bupati Tulungagung.

Nantinya setelah proses pelantikan, DPRD akan membentuk tim khusus untuk melakukan seleksi calon Wakil Bupati mendampingi Maryoto Birowo.

"Terkait posisi wakil bupati nanti kita bahas setelah pelantikan," imbuhnya.

Sementara itu Sekertaris DPRD Tulungagung, Budi Fatahilah menambahkan, rapat paripurna ini akan digelar 29 Mei mendatang. Berbeda dengan rapat paripurna biasanya, pelaksanaan rapat paripurna ini akan digelar malam hari seusai salat Tarawih.
"Berhubung ini Bulan Ramadhan maka keputusan rapat paripurna akan digelar malam hari," pungkasnya.

Bupati Non AKtif Tulungagung, Syahri Mulyo divonis selama 10 tahun oleh pengadilan tipikor Jatim. Syahri terbukti bersalah dalam kasus penerimaan suap atas sejumlah proyek infrastuktur di Tulungagung. Meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka KPK, namun Syahri bersama pasangannya Maryoto Birowo masih bisa memenangi PIlkada 2018 lalu.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter