Songkok Mojokerto Laris Manis Jelang Lebaran, Motif Tayo Paling Dicari

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

Ahmad Dimyati membungkus songkok-songkok buatannya

jatimnow.com - Pengrajin songkok atau kopiah ketiban berkah ramadan karena permintaan meningkat mencapai 100 persen jelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2019.

Salah satu pengrajin songkok yang kebanjiran pesanan adalah Ahmad Dimyati, warga Dusun Mengelo, Desa/Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

"Pertengahan puasa kami sudah tidak menerima pesanan lagi. Kami melakukan itu karena sudah kewalahan dan waktu produksi tidak cukup lagi," kata Dimyati, Jumat (23/5/2019).

Songkok dengan harga yang cukup miring masih menjadi buruan bagi warga. Songkok bermotif juga masih primadona.

Songkok motif Upin Ipin juga menjadi salah satu primadona

"Kopiah anak-anak motif karakter, kartun kayak Upin Ipin, Nemo dan Tayo banyak dicari sekarang," tambah ayah dua anak ini.

Songkok bermotif karakter dan kartun ini pembuatannya dengan teknik bordir bukan disablon dan paling mendatangkan keuntungan karena harganya murah.

"Kalau pembuatan songkok anak mudah dan cepat serta pemasarannya gampang karena laris dan menguntungkan. Harga satu kodi cuma Rp 240 ribu," beber Dimyati.

Songkok buatan Dimyati ini dikirim hingga luar Pulau Jawa dan hampir seluruh penjuru Indonesia. Pria yang sudah 25 tahun menjadi pengrajin kopiah ini juga menjual hasil pembuatannya dengan cara online.

"InsyaAllah sudah pernah mengirim ke seluruh Indonesia, mulai Sumatera, Makassar, Aceh dan Kalimantan. Kami juga menjual produk dengan online dan membuka toko online di beberapa situs jual beli online," tandas Dimyati.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter