Amankan Angkutan Lebaran 2019, PT KAI Daop 8 Libatkan Unit K9

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Unit K 9 membantu pengamanan Angkutan Lebaran 2019 di Stasiun Gubeng

jatimnow.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya melakukan berbagai persiapan pengamanan pada masa mudik Lebaran 2019.

Selama 22 hari atau hingga, Minggu (16/6), PT KAI Daop 8 melaksanakan gelar pasukan Angkutan Lebaran 2019.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan kesiapan mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana dan hal lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan dan meningkatkan pengawasan di daerah rawan dengan menyiagakan 175 petugas.

"Ke 175 petugas tersebut memastikan keandalan jalur rel kereta api dan alat material untuk siaga (AMUS) berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir. Kami menyiapkan di 4 titik diantaranya di Bangil, Mojokerto, Wlingi, dan Babat," katanya, Minggu (26/5/2019).

Petugas ekstra tersebut diantaranya petugas penjaga pelintasan KA sebidang 119 orang, petugas pemeriksa jalur sebanyak 37 orang, dan 19 tenaga untuk menjaga daerah rawan.

"Selain itu, tenaga flying gank disiagakan 24 jam apabila terjadi rinja (rintang jalan) atau KKA (kecelakaan kereta api)," urainya.

PT KAI juga menyiapkan tenaga keamanan Angkutan Lebaran dari internal (Polsuska dan satpam) serta eksternal (TNI/Polri). Sebanyak 163 tenaga Polsuska akan bertugas di atas KA dan di stasiun. Sementara 433 personel satpam akan menjaga di tiap stasiun dan aset KAI.

Sedangkan tenaga eksternal dari TNI/Polri sebesar 99 personel disiagakan untuk menjaga stasioner, parkir, dan jalur KA.

"Pengamanan di Stasiun Gubeng diperkuat 2 unit anjing pelacak K9 bisa memberikan jaminan rasa aman bagi penumpang di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya. Kita sebar menjadi dua titik yaitu keamanan statis di wilayah stasiun dan dinamis di jalur dan diatas kereta," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter