1.584 Fasilitas Kesehatan Disiagakan di Sepanjang Jalur Mudik Jatim

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Fasilitas kesehatan yang disediakan Dinkes Jatim di seluruh jalur mudik lebaran di Jawa Timur

jatimnow.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur menyiagakan 1.584 fasilitas kesehatan (faskes) yang tersebar di beberapa titik di sepanjang jalur mudik di Jawa Timur.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan keselamatan dan kenyamanan para pemudik yang sedang pulang kampung untuk merayakan Lebaran Idul Fitri 2019.

"Di tiap pos ada petugas jaga dengan tiga shift. Nanti akan kami hitung kekuatannya," ungkap Kepala Dinkes Jawa Timur, dr Kohar Hari Santoso, Senin (27/5/2019).

Kohar berharap, dengan disiagakannya 239 unit rumah sakit, 924 puskesmas, 243 tambahan pos pengamanan dan 178 klinik di seluruh jalur mudik tersebut, masyarakat dapat memanfaatkannya karena pelayanan itu gratis.

"Jadi apa susahnya melakukan pemeriksaan atau istirahat sejenak di posko, jika dirasa pemudik merasa tidak sehat dan tidak kuat dalam menempuh perjalanan, disarankan istirahat," jelasnya.

Selain itu, tambah Kohar, Dinkes Jatim juga telah memberikan Surat Edaran (SE) kepada rumah sakit dan puskesmas yang berada di jalur rawan.

"Jadi, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan di jalur rawan, maka rumah sakit dan puskesmas terdekat akan segera menangganinya," tambahnya.

Sementara, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, Dinkes Jatim akan melakukan pemeriksaan terhadap para pemudik dan sopir angkutan. Selain itu, Dinkes Jatim juga melakukan pengecekan kesehatan karyawan perusahaan otobus (PO).

Cek kesehatan pengemudi bus itu bakal dilakukan secara berkala dan rutin. Materi pemeriksaan tersebut meliputi tekanan darah hingga tes kesehatan lainnya.

"Kedua, kami akan melakukan sosialisasi nanti H-10 dengan membuka pos kesehatan," tandasnya.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter