jatimnow.com

Wali Kota Risma Ajak Warga Implementasikan Pancasila Dalam Kehidupan

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Arry Saputra
Tri Rimaharini bacakan amanat dalam upacara Hari Lahir Pancasila 🔍
Tri Rimaharini bacakan amanat dalam upacara Hari Lahir Pancasila

jatimnow.com - Upacara Hari Lahir Pancasila berlangsung di Halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya, Sabtu (1/6/2019). Upacara ini diikuti pegawai dan pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya serta pelajar dan veteran.

Pemimpin upacara, Tri Rismaharini yang juga menjabat Wali Kota Surabaya menyampaikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara dan pandangan hidup bangsa digali oleh 'Pendiri Bangsa' merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi baik sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan kini berkat Pancasila," katanya membacakan sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Hariyono.

Loading...

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

"Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah slogan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai lahirnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dalam nilai-nilai Pancasila, lanjut Risma, tatanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mempunyai aturan yang mengikat, tidak terkecuali negara memiliki keberagaman memperoleh hak keadilan yang sama.

"Itulah kenapa semua memang harus ditata. Tidak ada kemudian yang menguasai terlalu banyak sementara orang lain tidak ada. Mari kita amalkan (Pancasila)," pungkasnya.