Di Unair, Menteri Jonan Kembali Beberkan Sumber Energi Terbarukan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Menteri Jonan saat memberikan kuliah umum di Unair

jatimnow.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memberi kuliah umum tentang Sumber Energi Terbarukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (Unair), Kamis (12/4/2018).

Pada kesempatan itu, Ignasius menjelaskan pemerintah tetap berkomitmen untuk mencapai pembaruan energi, baik di transportasi maupun kelistrikan. Dua hal tersebut yang paling besar sampai 23 persen di tahun 2025.

"Kira-kira sekarang sekitar 13 persen untuk kelistrikan,  untuk transportasi skala nasional masih kurang sekitar 11 persen saja," kata Ignasius dalam paparannya.

Menurut Ignasius, untuk kelistrikan pihaknya mendorong adanya pembangunan pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan, yakni menggunakan air, panas matahari dan panas bumi.

"Kalau misalnya pembangkit listrik itu jadi, itu merupakan salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi yang terbesar di dunia salah satunya, satu lokasi sebesar 3300 mega watt," tambahnya.

Sedangkan untuk transportasi di Indonesia, pemerintah mendorong adanya penggunaan bio solar yang dicampur dengan minyak sawit.

Belakangan, pihaknya sudah putuskan kereta api menggunakan campuran Bio Solar, mulai 1 Mei 2018.

Namun, saat ditanya soal kelangkaan bahan bakar premium atau bahan bakar bersubsidi, Ignasius enggan berkomentar mengenai hal itu.

 

Reporter: Arry Saputra

Editor: Arif Ardianto

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter