Ini Alasan Polisi Minta Lampu Teras Tidak Dihidupkan Selama Mudik

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Avirista Midaada

Ilustrasi/jatimnow.com

jatimnow.com - Warga yang mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong diminta untuk tidak menyalakan lampu teras rumah. Pelaku kejahatan kerap beraksi menyantroni rumah kosong dengan melihat lampu teras yang menyala siang hari.

Kabag Ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono mengatakan himbauan ini berdasarkan hasil interogasi dari pelaku pembobolan rumah yang telah diringkus polisi.

"Dari keterangan beberapa tersangka yang kami amankan, mereka mengaku jika lampu rumah yang masih menyala saat siang hari bakal dijadikan sasaran pencurian," katanya, Senin (3/6/2019).

Menurut pelaku pembobolan rumah yang ditangkap, bila lampu teras masih menyala pada siang hari artinya penghuni sedang tidak berada di dalam rumah.

"Jika ada penghuninya, kan pasti dimatikan lampu rumah saat siang hari. Indikasi inilah yang sering dijadikan sasaran pelaku pencurian jika mendapati lampu rumah tetap menyala saat siang hari," ujarnya.

Sunardi juga menghimbau bagi warga yang meninggalkan rumah untuk tidak menyimpan barang berharga di dalam lemari atau laci karena itu mudah diketahui orang.

"Sebaiknya sediakan brankas khusus yang tidak mudah dibobol atau titipkan ke tetangga dan petugas keamanan desa atau satpam perumahan. Itu lebih aman," tukasnya.

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter