jatimnow.com

Jemaah Al Muhdhor Tulungagung Gelar Salat Idul Fitri Hari ini

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Jemaah Al Muhdhor Tulungagung saat melaksanakan Salat Idul Fitri 🔍
Jemaah Al Muhdhor Tulungagung saat melaksanakan Salat Idul Fitri

jatimnow.com - Puluhan anggota Jemaah Al Muhdhor Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, melaksanakan Salat Idul Fitri hari ini, Senin (3/6/2019). Jemaah ini mempunyai hitungan sendiri terkait penetapan awal ramadan dan syawal setiap tahunnya.

Mereka merayakan Hari Raya Idul Fitri setelah sebelumnya melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari berdasarkan hitungannya. Jemaah ini juga memulai ibadah puasa dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

Setelah melaksanakan Salat Idul Fitri, anggota jemaah bersalaman di dalam masjid seperti pada umumnya. Setelah itu mereka melakukan ziarah ke makam, yang berada tepat di belakang masjid.

Pimpinan Jemaah Al Muhdhor, Habib Sayyid Hamid Al Muhdhor enggan menjelaskan lebih detail terkait pelaksanaan ibadah Salat Idul Fitri tersebut. Tradisi ini sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu. Menurutnya perbedaan dalam menjalankan ibadah merupakan hal yang biasa dan tidak perlu dibesar-besarkan.

Loading...

"Ini sudah kami lakukan sejak lama dan tidak perlu dipermasalahkan," ujar Habib Sayyid.

Habib Sayyid menambahkan, jika masyarakat penasaran dengan aktivitas jemaah ini, disarankan untuk datang langsung dan mengikutinya. Hal ini diperlukan agar tidak menimbulkan beragam pemikiran tentang jemaah tersebut.

"Kalau penasaran dan ingin mengetahuinya, silahkan datang sendiri dan mengikutinya," jelasnya.

Loading...