jatimnow.com

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri Jatuh Pada 5 Juni 2019

Editor : Arif Ardianto Reporter : Arry Saputra
Pantauan hilal/ Foto: dok jatimnow.com 🔍
Pantauan hilal/ Foto: dok jatimnow.com

jatimnow.com - Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriyah atau Idul Fitri jatuh pada Rabu (5/6/2019).

Ditetapkannya Hari Raya Idul Fitri atau lebaran pada tahun ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Ijtimak jelang Syawal 1440 H terjadi pada hari Senin (3/6/2019) pukul 17.04.46 WIB. Tinggi Bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta.

Loading...

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim, Nadjib Hamid mengatakan, Muhammadiyah tidak mewajibkan untuk memantau Hilal. Namun penetapan lebaran sudah ditetapkan dari hasil perhitungan tersebut.

"Kalau Muhammadiyah ndak wajib mas, sudah ditetapkan hari ini bahwa tanggal 5 besok lebarannya. Hasil perhitungan ahli hisab hari ini terjadi ijtimak tapi posisi Hilal ketika matahari terbenam masih minus," jelasnya saat dihubungi jatimnow.com, Senin (3/5/2019).

Najib menambahkan, bahwa pada Selasa (4/6/2019) merupakan hari puasa terkahir bagi umat islam Muhammadiyah. Lebaran akan ditetapkan pada Rabu (5/6/2019).

"Jadi diputuskan hari ke 30 besok terakhir puasanya. Dan tanggal 5 lebarannya," ujarnya.

Sementara itu, di Jawa Timur sendiri pemantauan Hilal dilakukan di beberapa lokasi, dianytaranya tersebut berada di  Pantai Sunan Drajat /Tanjung Kodok, Paciran, Lamongan. Bukit Banyu Urip Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Lapan, Jalan Watukosek, Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Gunung Sekekep, Wagir Kidul, Kecamatan Pulung, Ponorogo. Helipad AURI Ngliyep, Malang. Pantai Serang, Blitar. Pantai Srau, Pacitan. Bukit Wonotirto, Blitar.

Loading...