Ledakan di Blitar, 1 Pelaku Pembuat Mercon Plastik Oksigen Ditangkap

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: CF Glorian

Pelaku yang ditangkap Polres Blitar

jatimnow.com - Polres Blitar menangkap satu dari dua pelaku pembuat mercon campuran oksigen dan uap karbit yang menghancurkan musala dan bangunan pondok pesantren Tarbiyatul Mudtadi'in di Dusun Jombor, Desa Mandesan, Selopuro.

Pelaku adalah Ahmad Masruri alias Ruri. Ia ditangkap polisi ketika berlebaran di rumah kerabatnya.

"Dari keterangan saudara RR mengakui kalau membuat alat peledak atau bahan yang bisa meledak terdiri dari oksigen murni yang dicampur gas dari karbit untuk diledakan sebelum lebaran maupun saat lebaran," ujar Kapolres Blitar, AKBP Anissullah M. Ridha, Kamis (6/6/2019).

Untuk satu pelaku lainnya yaitu Muhammad Najiyullah Zein kini sedang dalam penyelidikan polisi. Dari hasil penyelidikan sementara, diduga ledakan plastik berisi campuran oksigen dan uap karbit itu meledak karena tekanan dan suhu yang terlalu panas.

Berdasarkan keterangan delapan saksi yang telah diperiksa polisi, mercon gas itu dibuat diluar ruangan oleh Ruri dan Zein. Plastik gas tersebut kemudian dikumpulkan dalam satu ruangan sempit yang ada di dalam bangunan pondok pesantren Tarbiyatul Mudtadi'in.

"Kata mereka ini adalah sebuah tradisi dan mungkin (kejadian) kemarin ada salah prosedur. Yakni dengan menumpuk tiga puluh kantong dalam satu ruangan sempit. Kondisi siang yang panas ditambah tekanan udara diduga membuat plastik gas meledak," ujarnya.

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa tabung gas oksigen dan tabung karbit yang dibuang di tengah sawah belakang masjid. Sedangkan Zein, tersangka lain yang sekarang masih bebas diminta untuk menyerahkan diri.

Kejadian ini mengakibatkan dua bocah yaitu Mochammad Rifai (12) dan Arbian Safa Maulana (9) menderita luka bakar dan kini dirawat di RSUD Ngudi Waluyo, Wlingi.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter