Kunjungi Pabrik Sampoerna, Khofifah: Lindungi Pekerja Perempuan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Khofifah saat berkunjung ke Sampoerna

jatimnow.com - Calon Gubernur Jawa Timur  paslon dengan no urut satu, Khofifah Indar Prawansa melakukan kunjungan ke industri di SIER, Rungkut, Sampoerna, Jum'at (13/4/2018).

Selama masa kampanye Khofifah melakukan kunjungan ke para pengusaha yang menerapkan pola padat karya yang sebagian besar pekerjanya adalah perempuan.

Dalam kunjungannya selain bertemu dengan pihak manajemen, ia juga menyapa para pekerja.

"SKT (sigaret kretek tangan) itu selalu padat karya dan hampir 100 persen mereka menyerap tenaga kerja wanita dan sebagaian besar adalah tulang punggung ekonomi keluarga," kata Khofifah.

Khofifah mengatakan bahwa pengangguran di Jatim masih 800 ribu lebih. Salah satu yang menjadi penyumbang rekruitmen pekerja dari hulu hilir sekitar 2,6 juta di Jatim dari tembakau dan hasil tembakaunya.

"Saya ingin fokus pada padat karyanya. SKT hampir 10 persen karena ada peralihan minat dari SKT dan SKM (sigaret kretek mesin). Yang kerja di SKT 10 sampai 15 tahun, bahkan 35 tahun," ujarnya

Dalam hal ini ia mengatakan, harus dijadikan satu kesatuan didalam mengambil kebijakan. Terutama untuk melindungi tenaga kerja di Indonesia, utamanya lagi di Jatim, bagi perempuan kepala keluarga atau tulang punggung keluarga.

"Meskipun saya ingin melindungi para pekerja perempuan, saya juga menghimbau bagi anak-anak untuk tidak merokok," pungkasnya.

Reporter: Arry Saputra

Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter