Pemohon SIM di Satpas Polres Tulungagung Membludak

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Masyarakat membludak urus SIM

jatimnow.com - Pemohon SIM di Satpas Polres Tulungagung mengalami peningkatan pasca libur lebaran. Peningkatan ini mencapai 35 persen dibanding hari biasa. Jika dalam hari biasa jumlah pemohon sebanyak 150 orang, kini meningkat menjadi 200 orang setiap hari.

Baur SIM Satpas Polres Tulungagung, Bripka Miftakhurrohman mengatakan sesuai masyarakat yang memiliki SIM berakhir 30 Mei hingga 9 Juni 2019, bisa melakukan perpanjangan SIM pada 10-18 Juni 2019.

Jika melebihi waktu tersebut mereka akan dikenakan proses pembuatan SIM baru, dan harus memulai prosedur dari awal.

"Ada kebijakan tersebut karena saat itu bersamaan dengan cuti libur lebaran," ujarnya, Selasa (11/6/2019)

Para pemohon SIM ini tidak bisa memperoleh langsung SIM baru. Mereka harus menunggu hingga satu bulan kedepan. Hal ini dikarenakan blangko SIM mengalami keterlambatan, sehingga berimbas ke proses pencetakan SIM.

Untuk sementara para pemohon diberikan kwitansi tanda pelunasan pembayaran SIM, yang berfungsi sebagai pengganti SIM.

"Untuk blangko SIM ini sudah kamu urus, diperkirakan dalam beberapa hari kedepan sudah datang," ujarnya.

Untuk mengurangi antrian permohonan perpanjangan, polisi menyarakankan masyarakat untuk menggunakan layanan SIM keliling, yang bisa ditemui di sejumlah titik keramaian. Layanan ini sudah kembali beraktifitas normal, pasca libur lebaran.

"Kalau mau mengurus perpanjangan SIM bisa di layanan SIM keliling, tapi untuk mengurus SIM baru harus di kantor," pungkasnya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter