Tradisi Kirab Gunungan 1001 Ketupat di Ponorogo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Kirab 1001 Ketupat di Ponorogo

jatimnow.com – Desa Kalimalang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, menggelar tradisi kirab gunungan berisikan 1001 ketupat pada awal Bulan Syawal.

Gunungan 1001 ketupat setinggi 3 meter ini diarak memutar keliling desa dengan diiringi salawat serta tujuh dadak merak.

Setelah dikirab, 1001 ketupat ini diperebutkan oleh ratusan warga yang rela berdesa-desakan. Menurut mitos, jika mendapatkan ketupat yang ada di tumpeng maka akan mendapatkan berkah sepanjang tahun.

"Karena ada kepercayaan akan mendapatkan berkah. Jadi saya berusaha mendapatkan ketupat walaupun harus berdesak-desakan," kata salah satu warga, Cindy Ayu Kartikasari.

Sementara untuk warga lain yang memilih tidak ikut berdesak-desakan untuk berebut lebih memilih mendapatkan ketupat yang sudah diiris yang telah disediakan panitia lengkap dengan sayur kentang dan kerupuk untuk langsung disantap di lokasi.

Kepala Desa Kalimalang, Riyadi mengatakan 1001 ketupat menandakan kemenangan setelah bulan Ramadan. Dengan itu dirinya berharap tetap bersatu dengan menyongsong lebaran ketupat.

"Dengan membikin 1001 ketupat mempunyai makna mempersatukan Desa Kalimalang. Ketupat yang isinya putih bersih ini juga menandakan sudah tidak ada iri dengki dihati manusia karena sudah saling memaafkan dan juga sebagai wujud syukur setelah melakukan ibadah puasa sebulan penuh," pungkasnya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter