Maling HP ini Umpankan Cewek untuk Kelabui Penjaga Konter

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Pelaku Yogi saat aksi pencuriannya terekam CCTV

jatimnow.com - Petualang Yogi Arisukmana mencuri di Surabaya akhirnya terhenti. Itu setelah pemuda 36 tahun asal Cilacap, Jawa Tengah, tersebut ditangkap Unit Resmob Polrestabes Surabaya.
 
Penangkapan dilakukan menyusul laporan pemilik counter HP di ITC Mal Surabaya yang melaporkan kehilangan sebuah HP dagangannya. 
 
Laporan Susanto (20), pemilik counter HP itu langsung ditindaklanjuti Unit Resmob Polrestabes Surabaya.
 
Selain meminta keterangan sejumlah saksi, tim Resmob juga mengamankan rekaman CCTV yang merekam aksi pelaku. Setelah diidentifikasi, pelaku itu adalah Yogi. 
 
"Kami buru pelaku dan berhasil kami tangkap saat menginap di salah satu hotel budget di wilayah Surabaya Utara," sebut Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, Iptu Bima Sakti, Jumat (13/4/2018). 
 
Saat disergap, Yogi tak berkutik. Sebab CCTV yang merekam aksinya cukup jelas. Setelah tasnya digeledah, tim Resmob menemukan sejumlah barang bukti.
 
Antara lain Doshbook HP Samsung S8+, HP S8+ (hasil curian di Marina Plaza), HP Xiaomi  (sebagai sarana pelaku berkenalan dengan calon korban), HP Oppo serta kaos yang dipakai Yogi saat beraksi di ITC Mal. 
 
"Total sudah ada 5 TKP dia mencuri. Sasarannya dari mal ke mal," tegas Bima. 
 
Lantas bagaimana Yogi beraksi? Bima menerangkan, Yogi mencari kenalan cewek melalui aplikasi media sosial (medsos), Bee Talk.
 
Disana, Yogi merayu sejumlah perempuan untuk kopi darat di mal yang dipilihnya. Bermodal foto editan, sejumlah cewek akhirnya terpikat dan bersedia kopi darat. 
 
"Pelaku pura-pura mengajak cewek kenalannya ke counter HP. Dengan rayuan akan membelikan HP di cewek itu. Pada saat di counter, pelaku memilih-milih HP yang akan dibeli," ungkap Bima. 
 
Tapi, setelah penjaga counter HP lengah, pelaku langsung memasukkan HP yang dipilihnya tadi ke dalam sakunya.
 
Kemudian pelaku berpamitan kepada sang cewek dengan alasan ke toilet sebentar. Ternyata, pelaku langsung kabur dan si cewek ditinggal di counter tadi. 
 
"Kami masih kembangkan TKP-nya. Pelaku masih kita keler ke beberapa TKP yang kami curigai," tandas Bima.
 
Reporter: Narendrea Bakrie
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter