Cerita Agus Joging dari Kota Pasuruan-Surabaya untuk Bertemu Khofifah

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Agus Salim (tengah) joging dari Kota Pasuruan ke Surabaya untuk bertemu Gubernur Khofifah

jatimnow.com - Aksi joging seorang pria, warga Keluharan/Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan yang viral di media sosial (medsos) adalah fakta. Pria yang medsos disebut Agus, merupakan pemuda bernama lengkap Agus Salim (21).

"Agus berangkat pukul 06.20 Wib pagi (Jumat, 14/6/2019). Semua tetangga melepas keberangkatan Agus berlari ke Surabaya wadul ke Ibu Gubernur (Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa)," kata Sofyan Arif (33), warga setempat yang rumah tepat di samping rumah Agus, Jumat malam.

Agus Salim joging dari Kota Pasuruan menuju Surabaya

Menurut Sofyan, Agus rela joging dari Kota Pasuruan menuju Surabaya untuk mengadu ke Gubernur Khofifah atas persoalan kekurangan pasokan air bersih di kelurahannya tersebut.

Baca juga:  Viral Warga Kota Pasuruan Joging ke Surabaya Temui Gubernur Khofifah

"Niat wadul atas permasalahan air bersih di Kelurahan Panggungrejo sudah menjadi nadzarnya sejak dua bulan sebelum Ramadan (2019)," ungkap Sofyan.

Saat Agus bersiap joging, beberapa petinggi mulai tingkat RT, Lurah, anggota polsek dan Koramil hingga tetangga sekitar ikut melepas dan mendukung aksi tersebut. Agus merupakan pemuda yang sehari-hari bekerja di toko kain.

Sulitnya air bersih di kampung tempat tinggal Agus Salim

"Sejak nenek saya, permasalahan pasokan air bersih ini tidak terselesaikan. Saking geramnya, sampai ada masyarakat yang mau merencanakan melempar bom ikan (bondet) ke Kantor PDAM Kota Pasuruan. Untung berhasil dicegah masyarakat sendiri," kisah Sofyan.

Sementara itu, keluarga Agus, Mardiyah (61), berharap aksi keponakanya itu bisa langsung mendapat respon Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Semoga airnya lancar," harapnya.

Dari penuturan warga, empat bulan sebelum H+2 Hari Raya Idul Fitri 2019, pasokan air PDAM di Kelurahan Panggungrejo mati. Semakin dekat lingkungan warga dengan laut, semakin parah kondisi pasokan air bersihnya.

"Kami sudah tidak tahu lagi harus minta tolong kepada siapa atas permasalahan air bersih di kampung kami ini," ungkap para tetangga Agus.

Aksi joging Agus dari Kota Pasuruan ke Surabaya itu viral di media sosial Facebook sejak Jumat (14/6/2019). Aksi Agus diunggah oleh beberapa akun Facebook ke sejumlah Grup Facebook Pasuruan maupun Surabaya. Aksi itu pun menuai beragam komentar dari warganet.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter