Polisi dan TNI Juga Rakyat

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Senyum dan tawa Polisi dan TNI saat menyapa warga di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya (Foto-foto: Budi Sugiharto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Arus lalu lintas di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Sabtu (15/6/2019) pagi cukup padat. Hilir mudik warga juga terlihat di pedestrian maupun jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berdiri kokoh di jalan itu. Di antara warga, tampak polisi dan TNI AD yang sedang berinteraksi dengan warga.

Polisi dan TNI itu merupakan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tegalsari dan Bhabinsa Koramil 0832/03 Tegalsari. Keduanya berbaur dengan warga yang tengah melakukan mobilisasi untuk beraktivitas di sekitar Tunjungan Plasa (TP) Surabaya.

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Tegalsari menyapa warga di pedestrian Jalan Basuki Rahmat Surabaya

Keduanya tampak menyalami sejumlah warga yang sedang berjalan di pedestrian, begitu pula kepada warga yang sedang menunggu Bus Suroboyo di halte bus jalan tersebut. Senyum dan tawa terlihat dari dua Pak Bhabin serta warga saat mereka berbincang.

Di tengah patroli jalan kaki dan kampanye dialogis yang dilakukan dua anggota Polri dan TNI itu, mendadak ada sebuah mobil minibus warga hitam mendadak berhenti. Mobil itu macet di tengah jalan, tepat sebelum JPO Basuki Rahmat tersebut.

Polisi dan TNI menyapa warga yang hendak naik Bus Suroboyo di Jalan Basuki Rahmat Surabaya

Saat sang pengemudi mobil hitam itu keluar dari kemudinya, dua Pak Bhabin itu kemudian menghampirinya. Entah apa yang mereka obrolkan, tapi tidak berselang lama, pengemudi masuk kembali ke ruang kemudinya, sedangkan dua Pak Bhabin itu meletakkan kedua tangannya di bodi paling belakang mobil berplat nomor polisi Jakarta (B) tersebut.

Rupanya, mobil itu mogok.

Baru saja kedua Pak Bhabin itu mendorong mobil tersebut, seorang pria berpakaian polisi turun dari mobil dan langsung berlari menghampiri mobil yang mogok itu dan membantu dua Pak Bhabin untuk mendorongnya.

"Ayo kita dorong menepi Pak, biar tidak menimbulkan kemacetan," kata polisi dengan satu melati di pundaknya itu.

Kapolsek Tegalsari Kompol Rendy Surya Aditama mendorong mobil mogok bersama anggota Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di Jalan Basuki Rahmat Surabaya

Mobil itupun terdorong menepi dan perwira polisi berikut dua Pak Bhabin itu membantu pengemudi hingga mesin mobilnya menyala hingga bisa melaju kembali.

Perwira polisi yang membantu Pak Bhabin mendorong mobil yang mogok tersebut adalah Kapolsek Tegalsari, Kompol Rendy Surya Aditama. Ia turun dari mobil setelah melihat dua Pak Bhabin (Bhabinkamtimas dan Bhabinsa) tersebut hendak mendorong mobil itu.

"Tadi saya mau ke Polrestabes Surabaya karena ada sedikit keperluan. Tapi saya lihat anggota saya bersama Pak Bhabinsa Koramil Tegalsari sedang membantu mendorong mobil, ya sudah, saya ikut turun dan membantu mendorong," ungkap Rendy didampingi Kanit Reskrim Polsek Tegalsari, Iptu Zainul Abidin.

Lega...Polisi dan TNI menghela nafas setelah mendorong mobil mogok di Jalan Basuki Rahmat Surabaya

Rendy menyebut, sinergitas Bhabinkamtibmas Polisi dan Bhabinsa TNI di wilayah Tegalsari terjalin dengan baik. Setiap harinya, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di Tegalsari selalu bersama-sama hadir di tengah masyarakat untuk terlibat dalam segala aktivitas masyarakat.

"Termasuk memberikan pesan-pesan kamtibmas, agar wilayah Tegalsari selalu aman dan kondusif," beber Rendy.

Alumnus AKPOL tahun 2005 ini menambahkan, sinergitas TNI dan Polri di Tegalsari tidak akan pernah terkikis dengan isu hoaks apapun di media sosial yang berusaha memecahbelah kerjasama TNI-Polri.

Sebab menurut Rendy, dalam jiwa dan raga seluruh anggota Polsek Tegalsari dan Koramil 0832/03 Tegalsari telah tertanam kebersamaan untuk menciptakan suasana kondusif di wilayah Tegalsari serta Surabaya.

"Kami bersama unsur TNI di Koramil (Tegalsari) akan selalu bersama-sama Jogo Suroboyo," pungkas Rendy.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter