Ribuan Warga Banyuwangi Deklarasi Tolak Kerusuhan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Acara deklarasi tolak kerusuhan di Banyuwangi

jatimnow.com - Ribuan warga di Banyuwangi menggelar deklarasi tolak kerusuhan dan radikalisme, Minggu (16/6/2019). Dekalrasi ini juga dikemas dengan jalan sehat.

Sembari jalan sehat, ribuan warga yang terdiri dari unsur pelajar, mahasiswa, Ormas, LSM, Parpol hingga jajaran tokoh agama dan Forkopimda Banyuwangi. Mengusung tema 'Jawa Timur Bersatu Menuju Indonesia Damai'.

Sebagai bentuk komitmen penolakan terhadap kerusuhan menjelang Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres di Mahkamah Konsitusi (MK), seluruh peserta diajak menandatangani komitmen kerukunan.

"Ini memang instruksi dari Kapolda Jatim untuk menggelar acara yang fun untuk mencairkan suasana pascapemilu. Ajang ini sebagai bentuk cooling down dari hiruk-pikuk Pilpres maupun Pileg yang kemarin," kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansah Zeinardi, Minggu (16/6/2019).

Kapolres menegaskan, pemilu serentak 2019 di Banyuwangi berlangsung lancar, aman, dan damai. Meskipun, kata dia, ada dinamika politik yang mengemuka. Namun tidak menyebabkan kerusuhan atau aksi-aksi yang melanggar hukum.

"Kita berharap masyarakat tidak terprovokasi hoaks dan ikut dalam aksi yang melanggar konstitusi," tegas mantan Kapolres Bondowoso ini.

Kapolres berharap, kejadian pada tanggal 21-22 Mei di Jakarta tidak merambah di Bumi Blambangan. Dia juga berharap, kepada masyarakat untuk menghormati apapun keputusan yang dikeluarkan oleh MK.

"Kita minta masyarakat menghormati proses (di MK) yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Alhamdulillah Banyuwangi sampai saat ini aman," jelasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Banyuwangi, KH Muhammad Yamin mengajak seluruh elemen masyarakat mempertahankan kondusifitas yang telah dicapai oleh masyarakat di Bumi Gandrung ini.

"Semoga komitmen ini terus digaungkan di Jawa Timur. Kami berharap Banyuwangi bisa damai dan tentunya Indonesia selalu damai dan masyarakatnya sejahtera," ujarnya.

Acara yang digelar Polres Banyuwangi itu berlangsung meriah dengan berbagai hadiah yang sudah disiapkan.

Untuk menghibur peserta jalan sehat dan deklarasi, penyanyi lokal ditampilkan, menambah semarak gelaran acara tersebut.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter