jatimnow.com
Viral Aksi Siswa SD di Tulungagung Panjat Tiang Bendera

Soni Ardiansyah (tengah), siswa kelas 3 SDN Jepun 1 Tulungagung

jatimnow.com - Video aksi seorang siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jepun 1 Tulungagung memanjat tiang bendera, viral di media sosial (medsos). Belakangan diketahui bahwa siswa kelas 3 tersebut bernama Soni Ardiansyah.

Aksi Soni viral setelah ia memanjat tiang bendera dengan tujuan untuk memperbaiki tali pengait bendera yang rusak. Aksi itu dilakukan Soni di hadapan ratusan siswa lain dan para guru yang sudah mengikuti upacara bendera.

Guru Agama SDN Jepun 01, Nurul Asmah membenarkan aksi salah satu muridnya tersebut. Sesaat sebelum pelaksanaan upacara bendera yang rutin digelar setiap hari Senin, tali pengait bendera yang berada di ujung tiang tiba-tiba rusak.

Sempat terjadi kepanikan beberapa saat karena siswa beserta para guru sudah siap. Tiang setinggi 8 meter itu juga sulit untuk dirobohkan karena semi permanen.

Soni, siswa SD di Tulungagung saat memanjat tiang benderaSoni, siswa SD di Tulungagung saat memanjat tiang bendera

"Guru dan petugas upacara sempat kebingungan, bahkan berupaya mengundur pelaksanaan upacara untuk memperbaiki tali pengait bendera itu," kata Nurul, Senin (17/6/2019).

Para guru kemudian menawarkan kepada siswanya untuk memanjat tiang dan memperbaiki tali pengait bendera tersbut. Soni kemudian melepas kedua sepatunya dan langsung memanjat tiang. Sejumlah guru tampak ikut membantu dengan memegangi tiang bendera agar tidak goyang. Aksi heroik ini direkam oleh seorang guru dan dishare ke medsos hingga viral.

"Kita sudah mewanti-wanti jika tidak kuat tidak perlu memaksakan diri, tapi Soni rupanya mempunyai tekat yang kuat sehingga bisa menggapai ujung tiang dan memperbakinya," jelasnya.

Sementara, ditemuai usai jam sekolah, Soni mengakui tidak memiliki fikiran aneh-aneh sebelum menaiki tiang bendera tersebut. Dirinya hanya ingin membantu para gurunya yang kebingungan, sebab pelaksanaan upacara tertunda gara-gara lepasnya tali pengait bendera tersebut.

Bocah yang bercita-cita menjadi TNI ini kemudian menerapkan keahliannya menaiki pohon saat bermain layang-layang selepas jam pelajaran sekolah. Soni mengaku tidak takut sama sekali, bahkan saat tiang bendera mulai bergerak ke kiri dan ke kanan, dirinya tidak khawatir dan melanjutkan langkahnya.

Loading...

"Biasa naik pohon waktu main layang-layang dan mengejar layang-layang putus," tambahnya.

Berita Terkait