Awas! WhatsApp Guru Besar Unesa Dibobol, Pelaku Minta Uang dan Pulsa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

WhatsApp Guru Besar Unesa dibobol (foto: Istimewa)

jatimnow.com - WhatsApp (WA) milik Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof Dr. H. Supari Muslim dibobol. Akibatnya, sejumlah orang dikabarkan menjadi korban penipuan pelaku yang mengatasnamakan sang profesor.

Dalam aksinya, pelaku menghack nomor WA profesor dan meminta kiriman pulsa ke nomor 081240769646. Pelaku juga menggunakan foto profesor untuk meyakinkan korban. Pelaku diduga melancarkan aksinya sejak dua hari lalu atau sekitar Senin (17/6/2019).

Informasi yang didapat jatimnow.com, pelaku beraksi menggunakan modus meminta pulsa ratusan ribu hingga meminta tranfer sejumlah uang dengan nilai jutaan rupiah. Dalam chat-nya kepada korban, pelaku berjanji akan mengganti uang pulsa dan uang yang sudah ditransfer tersebut.

Humas Unesa Vinda Maya Setianingrum membenarkan kejadian tersebut dan ia menegaskan bahwa pelaku telah membobol akun WA guru besar asal kampusnya itu. Vinda mengimbau masyarakat berhati-hati dan tidak langsung percaya.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan jangan langsung percaya dengan telepon, sms dan yang lain yang mengatasnamakan guru besar," ungkap Vinda, Rabu (19/6/2019).

Vinda menambahkan, Supari Muslim Guru Besar Fakultas Teknik Unesa itu sudah mengambil langkah hukum dan melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian.

"Beliau juga sudah lapor ke Polrestabes Surabaya terkait penipuan yang mengatasnamakan beliau," jelas Vinda.

Dari penelusuran jatimnow.com, penipu berhasil meminta pulsa dan sejumlah uang kepada korban. Informasi itu didapat setelah akun Facebook Naila Nayna mengunggah aksi penipuan yang mengatasnamakan sang guru besar itu ke media sosial.

Dalam postingannya pukul 06.27 Wib, Selasa (18/6/2019), Naila Nayna menuliskan kronologi dan meminta bantuan bagaimana untuk mengusut kasus seperti ini.

"Nomor WA Dosen kami (Prof. Guru Besar UNESA) dibajak/hack oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dengan meminta pulsa Rp 600 ribu dan Dana Rp 2 juta," tulisa akun ini.

"Saya bersama rekan saya terkena pulsa masing masing Rp 600 ribu. Belum dari rekan yang lain sehingga jumlahnya cukup besar," tambahnya.

Penipu, lanjut akun ini, meminta pulsa untuk dikirim ke nomor: 081240769646.

"Apakah bisa terlacak dan dapat teratasi? Terima kasih," tulisnya lagi.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter