Umat Lintas Agama di Blitar Berdoa Bersama pada Haul Bung Karno ke 49

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: CF Glorian

Doa lintas agama di makam Bung Karno

jatimnow.com - Sejumlah warga dari berbagai agama menggelar doa di Kompleks Makam Bung Karno (MBK). Doa lintas agama ini digelar dalam rangka peringatan Haul Bung Karno ke 49 yang digelar Pemkot Blitar.

"Acara ini rutin dilaksanakan tiap tahun pada haul Bung Karno. Doa lintas agama ini untuk merekatkan rasa toleransi dan kerukunan antar-agama," kata Ketua Panitia Haul Bung Karno, Heru Santoso, Kamis (20/6/2019).

Sejak pagi, para pemuka agama dan umat bergantian mendoakan arwah Bapak Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Mulai dari umat Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu secara bergantian melakukan doa bersama.

Doa lintas agama itu dilakukan di depan Pusara Bung Karno. Acara ini bagian dari rangkaian puncak peringatan Haul Bung Karno yang ditutup dengan kenduri seribu tumpeng.

"Kenduri tumpeng akan dilakukan bakda Maghrib," ujarnya.

Kenduri seribu tumpeng sendiri akan digelar di sepanjang tiga ruas jalan meliputi Jalan Sultan Agung, Jalan Jenderal Soedirman dan di Jalan Ir Soekarno hingga depan gerbang MBK. Tumpeng yang digunakan kenduri berasal dari warga dan akan dinikmati selepas doa.

Haul Bung Karno biasanya dihadiri oleh keluarga Soekarno dan beberapa petinggi PDI Perjuangan. Namun tahun ini, tidak ada informasi jika keluarga Soekarno akan hadir.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter