Hari Terakhir PPDB 2019 di Tulungagung, SMPN ini Kekurangan Siswa

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Siswa mendaftar di SMPN 5 Tulungagung

jatimnow.com - Sejumlah sekolah SMP di Tulungagung mengaku masih kekurangan siswa dalam hari terakhir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Jumlah pagu (daya tampung sekolah) yang sudah ditetepkan oleh Dinas Pendidikan setempat belum terpenuhi semua. Sekolah yang berada di kawasan pinggir kota terpantau banyak kekurangan siswa.

Seperti yang terjadi di SMPN 5 Tulungagung. Dari jumlah pagu yang ditetapkan sebanyak 320 siswa, baru 248 yang sudah diisi.

Ketua panitia PPDB SMPN 5 Tulungagung Maryono mengatakan jumlah siswa yang sudah terdaftar ada 121 calon diantaranya mendaftar langsung ke sekolah, sedangkan sisanya merupakan limpahan dari sekolah lain yang berada satu zona.

"Mereka tidak diterima di sekolah tersebut karena jaraknya terlalu jauh sehingga otomatis terdaftar di SMPN 5 Tulungagung," ujarnya, Jumat (21/6/2019).

Kekurangan jumlah siswa ini bukan merupakan kali pertama di sekolah ini. Dalam PPDB tahun lalu pagu yang sudah ditetapkan juga tidak terisi penuh.

Akibatnya tiga kelas untuk siswa kelas VII kosong. Selain tidak termasuk sekolah favorit, SMP ini juga berada di daerah pinggiran sehingga lulusan SD banyak yang memilih untuk mendaftar di sekolah lain.

"Jumlah yang masuk saat ini lebih banyak dari tahun kemarin, kami optimis bisa mendapatkan kekurangan siswa di sisa waktu," imbuhnya.

Untuk mengisi kekurangan pagu, pihak sekolah akan berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan setempat. Mereka akan meminta izin untuk terus membuka pendaftaran PPDB, hingga jumlah pagu terpenuhi. Rencananya pihak sekolah akan membuka pendaftaran hingga 24 Juni mendatang.

"Jika sampai tanggal itu siswa belum terpenuhi terpaksa ada beberapa kelas yang akan kembali kosong," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter