Penderita Hepatitis A di Pacitan Bertambah Jadi 701 Orang

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Ilustrasi/jatimnow.com

jatimnow.com - Penderita Hepatitis A di Pacitan bertambah. Jika sebelumnya tercatat 581 orang, saat ini, Rabu (26/6/2019), menjadi 701 orang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan sudah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) atas penyakit ini.

"Hari ini, tercatat berambah 120 warga," kata Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, dr Eko Budiono.

Dari pendataan yang dilakukan Dinkes, penyebaran penyakit ini yang semula hanya menjangkiti 7 kecamatan, kini bertambah menjadi 8 kecamatan.

Menurut Eko, 8 kecamatan itu adalah Kecamatan Sudimoro terdapat 436 warga yang terjangkit, Kecamatan Sukorejo 53 warga, Kecamatan Ngadirojo 117 warga, Kecamatan Wonokarto 25 warga. Kemudian Kecamatan Tulakan 49 warga, Kecamatan Bubakan 15 warga, Kecamatan Tegalombo 4 warga serta Kecamatan Arjosari 2 warga.

Baca juga:  

Menurutnya, virus yang menyebabkan penyakit tersebut dengan cepat menyebar melalui kontak fisik dengan penderita.

Sementara, Direktur RSUD dr Darsono, dr Imam Darmawan menyebut bahwa terdapat dua pasien yang menjalani rawat inap di rumah sakitnya.

Sebelumnya, Bupati Pacitan Indartato menetapkan status KLB atas penyakit Hepatitis A tersebut untuk mempermudah proses penanggulangannya. Ia mengaku sudah melaporkan data penderita hepatitis A ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur.

Pemkab Pacitan melalui Dinkes juga terus mengumpulkan data terkait jumlah penderita maupun persyaratan lain. Penetapan KLB diharapkan lebih mengoptimalkan penanganan penyakit akibat virus tersebut.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter