Dokter Perkirakan Wali Kota Risma Dirawat di ICU Selama Sepekan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Jumpa Pers terkait kondisi terbaru Wali Kota Risma di RSU dr Soetomo

jatimnow.com - Perawatan intensif untuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Kepala Intensive Care Unit (ICU) RSU dr Soetomo, diperkirakan akan berlangsung hingga tujuh hari atau sepekan ke depan.

Hal itu disampaikan dr Hardiono, Kepala ICU dr Soetomo sekaligus dokter spesialis anestesi yang menangani Wali Kota Risma.

"Tergantung progresnya dari kondisinya. Biasanya pengalaman sebelumnya, minimal satu minggu, bisa melihat trennya," kata dr Hardiono di Gedung Pusat Bedah Terpadu (GPBD) RSU dr Soetomo, Kamis (27/6/2019).

dr Hardiono menambahkan, dokter yang menangani Wali Kota Risma terus melakukan monitoring dan observasi terhadap kondisinya. Jika hasil monitoring menunjukan kestabilan dan perkembangan yang baik, Wali Kota Risma akan melewati perawatan di ICU lebih singkat.

"Kira-kira satu minggu. Kalau trennya membaik lebih cepet (keluar ICU). Mudah-mudahan nggak sampe (satu minggu)," jelasnya.

Saat ini, kondisi Wali Kota Risma disebut semakin membaik. Menurut dr Hardiono, kondisi tersebut terlihat dari berfungsi normalnya sejumlah organ dalam dari Wali Kota perempuan pertama di Kota Pahlwan itu.

"Semua fungsi organnya baik, jantungnya bagus, organnya bagus. Semua kondisinya bagus. Kita mempertahankan kondisi yang stabil ini," ujarnya.

Kestabilannya juga ditandai dengan pengurangan dosis obat dan oksigen yang awalnya diberikan dokter sebanyak 100 persen, tapi dikurangi menjadi 60 persen saja.

"Kondisinya stabil, trennya membaik kita lihat dari pernafasan, sebelumnya kita beri oksigen 100 persen, sekarang itu kita berikan oksigen 60 persen," ungkapnya.

Sebelumnya, dr Hardiono menyebut untuk memberikan kenyamanan, tim dokter memberikan obat penenang sebanyak dua kali dalam 24 jam. Selain itu, Wali Kota Risma juga dipasangi dua alat bantu, yaitu alat bantu pernapasan respirator dan pipa sonde atau pipa makanan.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter