Nyaru Jadi Marinir, Pria Asal Gresik ini Tiduri 16 Wanita

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Achmad Supriyadi

Tersangka saat diamankan di Polres Mojokerto

jatimnow.com - Seorang pria asal Gresik melakukan serangkaian penipuan dengan menyaru jadi anggota TNI AL (Marinir). Pelaku juga meniduri sebanyak 16 wanita.

Polisi berhasil menangkap Eko Tugas Saputro (33) asal Desa Sambiroto, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik setelah melakukan penipuan.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai security di rusunawa di Gresik ini mengelabui 16 wanita dengan mengaku sebagai anggota TNI AL Marinir dengan nama Ilham berdinas di Surabaya.

Kasatreskrim Polres Mojokerto, AKP M Solikhin Fery mengatakan, untuk mengelabuhi korbannya, Eko memasang foto anggota TNI AL di akun Facebooknya yang didapatkan di google.

"Korban khususnya perempuan dan rata-rata sudah bersuami. Pelaku melakukan perkenalan selanjutnya mengajak ketemuan," kata Fery, Jumat (28/6/2019).

Korban diajak ke hotel, lalu dibujuk agar mau berhubungan intim dan akan dinikahi. Kemudian pelaku meminta melepas barang berharga beberapa korbannya.

"Pelaku berdalih perhiasan yang dipakai pelaku menimbulkan aura negatif jika dipakai," papar mantan Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya ini.

Pelaku berkepala plontos ini ditangkap di salah satu hotel di kawasan Pacet,  Kabupaten Mojokerto saat akan kembali beraksi menipu korban, Minggu (22/6/2019).

Tersangka kami jerat dengan Pasal 372 dan 378 KUHP tentang Penipuan dan Pengelapan. Ancaman hukumannya 6 tahun penjara.

Dari pengakuan pelaku, dia melakukan hal itu karena penghasilan dari security kurang.

"Sekali melakukan penipuan sekitar Rp 2 juta," tandas Eko.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter