jatimnow.com

Unik, Polisi di Tulunggagung Melepas Purnawirawan Diarak Pakai Becak

Pelepasan purnawirawan polisi di Tulungagung dengan diarak becak 🔍
Pelepasan purnawirawan polisi di Tulungagung dengan diarak becak

jatimnow.com - Polres Tulungagung melepas puluhan purnawirawan polisi dengan cara berbeda. Setelah mengikuti prosesi pelepasan dengan pedang pora, para purnawirawan ini diarak keliling kota dengan mengendarai becak.

Kapolres, Wakapolres dan beberapa perwira lain menjadi pengemudi becak dan mengarak para purnawirawan yang memasuki pensiun dari tugas kepolisian tersebut.

Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar menjelaskan tradisi mengarak purnawirawan dengan mengendarai becak ini dilakukan tiap tahun. Acara yang digelar ini untuk peringatan hari Bhayangkara ke 73.

"Prosesi pelepasan ini bersamaan dengan prosesi upacara kenaikan pangkat sejumlah anggota polisi," ujarnya, Sabtu (29/6/2019).

Loading...

Menurutnya, tradisi mengarak purnawirawan merupakan bentuk penghormatan, atas segala jasa dan pengabdian mereka selama bertugas. Tradisi ini juga diharapkan bisa meninggalkan kenangan tersendiri bagi para purnawirawan.

"Sebuah kehormatan tentunya bisa mengemudikan becak dengan penumpang purnawirawan, terimakasih atas segala jasa dan pengabdian," ujarnya.

Untuk tahun ini, sebanyak 10 anggota polisi dan dua PNS polisi dinyatakan pensiun. Semua purnawirawan polisi ini berpangkat terakhir Komisaris Polisi. Setelah purna dari tugasnya sebagai anggota polisi, para purnawirawan ini diharapkan bisa aktif membina masyarakat sekitar.

"Bagaimanapun mereka merupakan bagian dari masyarakat sendiri," pungkasnya.

 

Loading...