Limbah Kayu Jati Disulap Jadi Ukiran Sketsa Wajah Jokowi-Ma'ruf Amin

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Di Pasuruan, limbah kayu jati disulap jadi ukiran sketsa wajah Jokowi-Ma'ruf Amin

jatimnow.com - Tumpukan potongan limbah kayu jati disulap menjadi ukiran berbentuk sketsa wajah Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2019, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin. Kerajinan itu dibuat Saiful Huda (35) warga Kelurahan Randusari, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pasuruan.

Ide itu muncul di kepala Saiful saat bisnis mebelnya terpuruk dan banyaknya limbah potongan kayu berserakan di sungai setelah banjir surut.

"Dari pada sumpek meratapi tunggakan para langganan yang tak kunjung membayar lunas, sampai ratusan juta dan modal saya menipis. Akhirnya saya mencoba berkreasi dengan potongan kayu tersebut, lalu mengukirnya. Ternyata hasilnya bagus," ungkap Saiful ditemui di rumahnya, Kamis (4/7/2019).

Terhitung sudah empat bulan, ayah tiga anak ini menggeluti bisnis seni kreatif. Setia bulannya, ia dan tenaga pengukirnya mampu menyelesaikan 10 karya lukis ukir yang dibandrol Rp 1,5 juta setiap unitnya.

Estimasi pengerjaan, satu karya diselesaikan dalam waktu 3 sampai 4 hari. Meskipun hanya merambah pasar nasional, 10 karya tersebut langsung laku terjual.

"Untuk ukiran wajah Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma'ruf Amin, saya menjualnya Rp 1,75 juta. Lebih mahal, karena ada dua wajah dan sulit. Semuanya dari limbah kayu bekas," ungkapnya.

Saiful yang sudah 19 tahun menggeluti seni ukir ini menambahkan, ada tiga tahapan awal untuk memoles limbah kayu jati agar keluar auranya. Pertama yaitu proses rustik untuk memunculkan serat jati, kemudian pengecatan dan pembersihan cat.

"Kesulitan kami saat ini adalah terlalu banyak pesanan. Kami kewalahan. Tidak banyak pengukir yang mau, karna rumit," terangnya.

Tentang karya ukir gambar Jokowi dan Ma'ruf Amin, Saiful mengatakan jika dirinya sangat mengagumi kedua tokoh tersebut.

"Saya buat ini karena kagum dengan sosok beliau berdua. Kemarin juga nyoblos nomor 1," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter