Polisi Pastikan Akun FB Penghina Presiden Jokowi Masih Aktif

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Akun FB Aida Konveksi milik Ida Fitri, warga Blitar yang menghina Presiden Jokowi

jatimnow.com - Pascapenghinaan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dilakukan Ida Fitri (44), pemilik Akun Facebook (FB) Aida Konveksi mencuat ke publik, akun warga Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar itu langsung tidak bisa diakses.

Hal ini diperkuat dengan pengakuan Ida kepada Penyidik Satreskrim Polres Blitar Kota saat dirinya diperiksa. Ia mengaku akun FB miliknya mendadak hilang postingan penghinaan terhadap Presiden Jokowi yang dibagikannya dikomentari banyak akun. Publik yang mencoba mencari keberadaan Akun FB Aida Konveksi juga selalu gagal.

"Keterangan Labfor menerangkan bahwa akun (FB Aida Konveksi) tersebut masih aktif dan bisa digunakan," jelas Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar, Senin (8/7/2019).

Meski begitu, Adewira masih belum menjelaskan secara rinci kenapa akun tersebut disembunyikan. Ia juga belum membeberkan siapa yang membuat Akun FB Aida Konveksi tidak bisa ditemukan oleh publik.

Langkah selanjutnya, polisi akan memanggil Ida untuk diperiksa sebagai tersangka. Pertimbangan penahanan Ida tergantung dari penyidik yang melakukan pemeriksaan. Penyidik menjerat Ida dengan pasal berlapis yaitu Pasal 45 A (2) jo 28 (2) Undang-undang ITE juncto pasal 207 KUHP tentang penghinaan penguasa negara.

Ida memposting beberapa gambar pada 30 Juni 2019. Ia membagikan gambar seperti wajah Presiden Jokowi lalu diedit seperti gambar mumi dengan keterangan 'the new firaun'. Gambar lainnya yaitu gambar setengah badan seorang hakim dengan kepala anjing bertuliskan 'Iblis berwajah anjing'.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter