Hari Pertama Sekolah, Para Siswa di Mojokerto 'Ritual' Basuh Kaki Ibu

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

'Ritual' basuk kaki ibu oleh para siswa baru di SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto

jatimnow.com - Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Mojosari, Kabupaten Mojokerto menggelar 'ritual' sungkeman dan membasuh kaki ibu. Prosesi itu dilakukan sebelum para siswa menjalani masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun ajaran 2019/2020.

MPLS akan dilaksanakan selama 5 hari dari Senin-Jumat (15-19/7/2019). Para siswa baru akan mendapatkan berbagai materi. Beberapa materi saat MPLS berupa pengetahuan seperti tata krama, budi pekerti, nasionalisme, wawasan kebangsaan. MPLS ini bekerjasama dengan beberapa instansi seperti TNI, Polri, BNN dan BPBD.

"MPLS ini untuk memperkenalkan lingkungan sekolah kepada anak-anak yang baru terutama siswa kelas X dengan harapan siswa baru tidak canggung sehingga merasa memiliki sekolahnya. Materi ini tidak hanya oleh anak-anak kelas X saja, tapi nanti untuk siswa kelas XI dan XII juga," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Mojosari, Ibnu Mudzakir.

Para siswa sungkem kepada ibunya masing-masing Para siswa sungkem kepada ibunya masing-masing

Terkait 'ritual' sungkeman dan membasuh kaki orangtua saat MPLS, lanjut Ibnu, merupakan salah satu pendidikan karakter, budi pekerti dan akhlak.

"Karena ridho Allah ada pada ridho ibu, oleh karena itu tujuan pertama adalah karakter. Harapan saya, generasi mendatang, akhlak dan budi pekerti lebih baik, apalah artinya kita mendidik dengan pengetahuan yang tinggi tapi kalau karakternya jatuh. Dengan adanya pendidikan karakter budi pekerti dan pengetahuan bangsa akan berkembang sesuai harapan pendiri negara kita," paparnya.

Salah satu orangtua siswa baru, Gusti Arini mengatakan, MPLS hari pertama dengan materi karakter dengan sungkeman dan membasuh kaki orang tua.

"Semoga anak-anak yang kami dititipkan di SMA Negeri 1 Mojosari akan menjadi anak yang berkarakter, karena kalau pinter jika karakternya tidak mendukung tidak akan menjadi apa-apa. Saya mengapresiasi SMAN 1 Mojosari yang melibatkan orang tua," tandasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter