Ini Pemicu Pemasangan Spanduk 'Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah'

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

Spanduk peringatan untuk pembuang sampah terpasang di Dusun Tani Nelayan, Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo (foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemicu pemasangan spanduk peringatan bagi pembuang sampah di Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo akhirnya terungkap. Spanduk berwarna merah itu dipasang oleh perangkat desa beserta warga setempat.

Spanduk itu bertuliskan "Ya Allah... Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini..!!! Amin.!!!. Spanduk itu dipasang warga Dusun Tani Nelayan RT 01 RW 01, Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo karena sudah jengkel dengan para pembuang sampah yang ngawur.

"Pemicunya ya karena lahan kosong itu dijadikan pembuangan sampah oleh orang yang tidak bertanggungjawab," kata Kepala Dusun Tani Nelayan, Syafiul Anam ditemui jatimnow.com, Selasa (16/7/2019).

Anam menambahkan, spanduk itu dipasang pada pukul 21.00 Wib, Selasa (9/7/2019). Pesangan dilakukan bersama perangkat desa, kader pecinta lingkungan Sedati, Polsek Sedati serta warga.

Baca juga:  Hii! Buang Sampah di Desa ini, Didoakan Dicabut Nyawanya

"Kalau masalah sampah di sana sudah lama mas. Waktu dipasang itu melibatkan polisi dan warga. Jika tidak dipasang seperti itu, banyak orang buang sampah di sana," ungkapnya.

Pantauan jatimnow.com di lokasi, tempat yang digunakan sebagai pembuangan sampah itu diberi pagar sepanjang kurang lebih 240 meter menggunakan kayu dan ditutup dengan spanduk.

"Sebelum dan sesudah dipasang tulisan itu, kami selalu menjaga mulai habis isya (sekitar pukul 19.00 Wib) hingga jam 02.00 bersama warga sekitar," paparnya.

Perangkat dusun dan warga memasang banner dengan tulisan 'Ya Allah... Cabutlah Nyawa Orang Yang Buang Sampah Disini..!!! Amin.!!!' itu, untuk memberikan efek jera.

"Tujuannya ya ada efek jera kepada orang yang buang sampah sembarangan di tempat itu. Tanah itu sebenarnya tanah kavling milik orang, tapi saya tidak tahu orangnya. Harapan saya, supaya warga tidak lagi membuang sampah di tanah itu karena menimbulkan bau tidak sedap," tandas Anam.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter