Wali Kota Risma Berencana Serahkan Pengelolaan YKP ke BUMD

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

jatimnow.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berencana menyerahkan aset Yayasan Kas Pembangunan (YKP) dan PT Yekape ke BUMD untuk dikelola.

Risma menuturkan, setelah proses penghitungan aset YKP disesuaikan oleh formatur, pengelolaan YKP diserahkan dan dikelola oleh PT Surya Karsa Utama (SKU), BUMD Pemkot Surabaya yang bergerak di bidang properti.

"Pengurus ada sementara, pembina sementara yang nanti akan kita teruskan terutama untuk menghitung dan mendetilkan aset-aset itu. Kita sudah punya BUMD alhamdulillah mudah-mudahan direksinya amanah," ujarnya, Rabu (17/7/2019).

Meski PT SKU sempat mengalami kemunduran, Risma yakin dengan direksi yang baru bisa mengelola YKP dengan baik serta memberikan keuntungan yang banyak sebagai pendapatan asli daerah (PAD).

"BUMD yang selama ini rugi terus tapi selama 2 tahun ini sudah untung. PT Surya Karsa Utama," lanjutnya.

Rencana penyerahan aset tersebut ke PT SKU masih dalam tahap pembahasan dengan DPRD KOTA Surabaya. Nantinya akan dicoba untuk membicarakan dengan dewan (DPRD Surabaya).

"Nanti kita tidak tahu hasilnya akan kita komunikasikan dengan DPRD. Tapi menurut saya gak perlu buat BUMD baru lah. Belum tentu, saya akan bicara dengan DPRD," jelasnya.

Dalam pengelolaannya, Risma berencana menggunakan sebagian aset di YKP dan PT Yekape untuk membuat rumah susun. Pemkot Surabaya menurutnya membutuhkan rusun lagi lantaran warga yang ingin menempati rusun sudah banyak.

"Yang jelas nanti beberapa asetnya kita ambil untuk rumah susun. Kita butuh banyak rumah susun," jelasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter