Wagub Emil: Investor Asing Berencana Bangun PLTS Bendungan di Jatim

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Wakil Gubernur Jatim, Emil E Dardak

jatimnow.com - Beberapa pengusaha di Asia dan Eropa berencana akan beriventasi di Provinsi Jawa Timur. Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak setelah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Asia dan Eropa pada bulan Juni lalu.

Emil menjadi pembicara utama dalam beberapa konferensi internasional yang diselenggarakan organisasi internas Hbional OECD di Paris pada 14 Juni 2019 lalu. Emil sempat bertemu dengan beberapa pengusaha untuk mengajaknya berinvestasi di Jawa Timur.

Ajakannya itu ternyata membuahkan hasil, Emil dengan para pengusaha menginvestasikan modalnya di wilayah ujung Jawa Timur. Salah satu bidang investasi yang menjadi penanaman modalnya yakni di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bendungan.

Bendungan tersebut berupa Floating Solar Panel. Yakni, pembangkit tenaga surya yang dipasang diatas permukaan air yang terdapat pada bendungan.

"Bendungan-bendungan itu bisa dimanfaatkan untuk pembangkitan listrik tenaga surya. Karena kalau di lahan itu susah nyarinya di tanah Jawa dan air bendungan kan baik untuk cooling panel," ujarnya, Kamis (18/7/2019).

Menurutnya, para investor juga tertarik dengan bidang lainnya untuk investasi, yakni di bidang eksplorasi migas, usaha daur ulang dan pendidikan kejuruan di bidang penerbangan hingga sekolah pelatihan mengelas.

"Bahkan ada institute welding. Tukang las," katanya.

Nantinya tukang las dalam kejuruan tersebut bukan sembarang tukang las. Mereka akan diajarkan secara profesional mengenai pekerjaan mengelas.

"Tapi tukang las profesional. Nah ini yang mereka tertarik untuk memantabkan positionnya di Indonesia," jelasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter