Empat Pejabat di Probolinggo Jadi Warga Kehormatan Suku Tengger

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

AKBP Eddwi Kurniyanto dan tiga pejabat lainnya jadi warga kehormatan Suku Tengger Probolinggo

jatinomw.com - Sambut Yadnya Kasada Bromo, warga Suku Tengger mengukuhkan empat pejabat menjadi warga kehormatan. Pengukuhan tersebut digelar di Pendopo Agung Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Pengukuhan itu dilaksanakan pada Rabu (17/7/2019) malam. Keempat pejabat yang dikukuhkan menjadi warga kehormatan Suku Tengger yaitu Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo serta Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo Agus Ardian Agustriono.

Tokoh Suku Tengger, Supoyo mengatakan, pengangkatan dan pengukuhan warga kehormatan Suku Tengger merupakan bentuk penghormatan kepada para pejabat yang memimpin wilayah Probolinggo serta sebagai wujud pelestarian kebudayaan Suku Tengger.

"Hal ini merupakan kegiatan yang dilakukan setiap malam pelaksanaan Yadya Kasada," kata Supoyo, Kamis (18/7/2019).

Sebelum mengukuhkan empat pejabat itu sebagai warga kehormatan Suku Tengger, para dukun pandita membacakan mantra ritual.

"Kami berharap, dengan adanya pengangkatan ini beliau semua bisa berperan aktif dalam memajukan Suku Tengger sesuai dengan perannnya," ujar Supoyo.

Sementara itu, Wakil Bupati Probolinggo Ahmad Timbul Prihanjoko menyebut, selama ini Suku Tengger sudah menjadi bagian penting dari Kabupaten Probolinggo. Sebab suku ini masih terus melestarikan budaya-budaya di lereng Gunung Bromo sehingga menjadi salah satu destinasi wisata budaya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter