Sebuah Mortir Aktif Diduga Peninggalan Belanda Ditemukan di Malang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Avirista Midaada

Penemuan mortir aktif di Malang

jatimnow.com - Sebuah mortir aktif ditemukan di rumah Siti Sundari Jalan Kolonel Sugiono gang 5 RT 3 RW 03 Kelurahan Mergosono, Kota Malang, Sabtu (20/7).

Mortir aktif tersebut ditemukan oleh pekerja proyek yang melakukan penggalian untuk pembuatan tandon air.

Kapolsek Kedungkandang, Kompol Suko Wahyudi mengatakan mortir ditemukan saat pekerja tengah menggali tanah sedalam 20 - 30 sentimeter.

"Saat digali ternyata ada sebuah mortir di dalamnya," ujarnya, Minggu (21/7/2019).

Ia meneruskan, polisi yang mendapatkan laporan dari pengurus warga kemudian meneruskannya ke Brimob Ampeldento untuk evakuasi mortir tersebut.

"Jam 8 malam Tim Jihandak dari Detasemen Pelopor Brimob Ampeldento berhasil mengevakuasinya dan rencana akan diperiksa di Pindad Turen. Memang mortir aktif itu," lanjutnya.

Pemilik rumah, Siti Sundari menceritakan bahwa mortir tersebut merupakan peninggalan agresi militer tahun 1947 sebagaimana cerita para sesepuh terdahulu.

"Cerita dari mbah - mbah dari Ibu Sundari, dulu sekitar tahun 1947 saat agresi militer 2 pernah satu mortir meledak dan yang satu belum meledak hingga ditemukan saat ini," kata Siti.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter