Cerita di Balik Kursi Roda yang 'Temani' Risma Terbang ke Singapura

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Wali Kota Risma di Bandara Juanda untuk bertolak ke Singapura menerima penghargaan (foto-foto: Jajeli Rois/jatimnow.com)

jatimnow.com - Meski menggunakan kursi roda saat berangkat naik pesawat menuju Singapura untuk menerima penghargaan, tapi kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dipastikan sehat. Kursi roda itu dipakai Wali Kota Risma untuk menjaga kakinya yang sempat cidera beberapa waktu lalu.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser memastikan, walikota perempuan pertama di Kota Pahwalan itu dalam keadaan sehat. Kursi roda itu dipakai hanya untuk mengurangi aktivitas kaki saat menempuh perjalanan jauh.

"Tidak (tidak sakit). Jadi itu hanya untuk mengurangi aktivitas Ibu kalau jalannya jauh," jawab Fikser kepada jatimnow.com, Senin (22/7/2019).

Baca juga:  Naik Kursi Roda, Wali Kota Risma ke Singapura Terima Penghargaan

Fikser menambahkan, kursi roda tersebut dipakai Wali Kota Risma untuk lebih berhati-hati dan mencegah sakit di kakinya kambuh. Sebab apabila perjalanan dekat, kursi roda tersebut tidak dipakai dan Wali Kota Risma berjalan seperti biasa.

"Jadi kalau jalannya Ibu terlalu jauh, kakinya tetap hati hati. Tapi Ibu tidak menggunakan (kursi roda) kalau jalannya pendek, cuman berdiri. Kalau jalannya jauh, kita lebih milih aman pakai kursi roda," jelasnya.

Saat ditanya apakah Wali Kota Risma sedang mengalami sakit lain, Fikser menyebut tidak ada sakit apapun saat ini. Hanya saja, kursi roda itu dipakai untuk menjaga kesehatan kaki Wali Kota Risma saat menempuh perjalanan menuju Bandara Internasional Juanda untuk bertolak ke Singapura menggunakan pesawat China Airlines nomor penerbangan CI 752.

"Iya cuma kaki, kalau sakit yang lain nggak ada. Iya kalau perjalanan di bandara kan lumayan jauh," tuturnya.

Wali Kota Risma didorong petugas Bandara Juanda menuju pesawat

Wali Kota Risma bertolak ke Singapura memenuhi undangan dari Her Times untuk menghadiri kegiatan "Her Times Women Empowerment Award Ceremony'. Di acara itu, Wali Kota Risma akan menerima penghargaan Women Empowerment Awards serta menjadi pembicara tentang inklusi program pemberdayaan perempuan dalam seluruh rencana pembangunan di Kota Surabaya.

Selain itu, ia juga menghadiri acara Majalah HER Times yang mengadakan agenda berupa 'Women Empowerement Awards' yang pelaksanaannya didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura.

Agenda tersebut juga merupakan sarana peningkatan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Singapura. Ajang penghargaan ini ditujukan sebagai pendorong pengembangan dan pertumbuhan wirausaha perempuan, wanita bisnis dan profesional yang memberikan pengaruh dan perubahan di Indonesia dan Singapura. Dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut juga akan diadakan konferensi yang bertema 'HER Times Forum: Water, Earth and Women'.

Wali Kota Risma dijumpai jatimnow.com di Bandara Juanda sebelum bertolak ke Singapura. Ia tampak duduk di atas kursi roda dan didorong petugas bandara. Ia terlihat didampingi beberapa pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya di antaranya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (Bappeko) Surabaya Ery Cahyadi.

Saat ditanya jatimnow.com, Wali kota Risma mengatakan bahwa dirinya ke Singapura satu hari saja.

"Untuk menerima penghargaan di Singapura. Penghargaan pribadi," kata Wali Kota Risma di Bandara Internasional Juanda kepada jatimnow.com.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter