Tumpukan Batu Bata Kuno Ditemukan di Pasuruan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Struktur batu bata kuno ditemukan di sebuah ladang di Gondangwetan, Pasuruan

jatimnow.com - Tumpukan struktur batu bata kuno ditemukan di ladang pohon sengon Dusun Krajan, Desa Gondangrejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Senin (22/7/2019).

Mijib Ridwan (44), pengelola kebun keluarga seluas 1,5 hektar mengatakan, sekitar tahun 1980 silam, neneknya memberitahu ada tumpukan batu bata di tengah-tengah gundukan ladang yang dahulu masih ditumbuhi bambu.

"Namun saat itu, saya tidak mengerti kalau batu bata itu merupakan batu bata kuno, yang punya nilai sejarah. Bahkan, dulu ayah saya menghancurkan beberapa bata tersebut untuk membuat campuran semen," jelas Ridwan kepada jatimnow.com.

Singkat cerita, tepat seminggu lalu, Imron (41), adik kandung Mujib dan Kaur Kesra Desa Gondangrejo, M Iksan, penasaran dan menggali gundukan yang dimaksud.

Gundukan tempat batu bata kuno ditemukan

Ternyata, dari gundukan tanah yang digali oleh keduanya dan beberapa warga sekitar itu, ditemukan struktur tumpukan batu bata kuno mirip bangunan peninggalan masa kerajaan silam.

"Dapat dua hari, kami dihubungkan dengan para pegiat budayawan Pasuruan, dengan tim BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Trowulan," ungkap Mujib.

Sementara, Tim BPCB Trowulan Sulikin, yang melakukan pengecekan dan pengambilan sampel batu bata mengaku, tim BPCB akan menyerahkan sampel tersebut untuk diteliti dan ditindaklanjuti.

"Diperkirakan, dari dua lubang yang digali masyarakat sini, tumpukan batu bata kuno ini menyerupai susunan berundak di era kerajaan silam," ungkap Sulikhin.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter