jatimnow.com
Perajin Bendera dan Umbul-umbul Tulungagung Mulai Kebanjiran Pesanan

Perajin bendera dan umbul-umbul di Tulungagung mengerjakan pesanan

jatimnow.com - Memasuki bulan Agustus, para perajin bendera dan umbul-umbul di Kabupaten Tulungagung mengaku kebanjiran orderan. Jumlah orderan meningkat hingga 20 persen dibanding bulan sebelumnya.

Meski begitu, bila dibandingkan tahun lalu, secara total, pesanan tahun ini menurun 10 persen. Banyaknya event yang membutuhkan bendera dan umbul-umbul sebelum bulan ini ditengarai menjadi salah satu penyebabnya.

Imam Safii salah satu perajin bendera dan umbul-umbul mengatakan, jumlah orderan tahun ini sudah mulai mengalami kenaikan sejak pertengahan bulan Juli 2019. Selain untuk memenuhi kebutuhan di tingkat lokal, pesanan ini juga datang dari sejumlah daerah seperti Kediri, Blitar, Nganjuk dan Trenggalek.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Umbul-umbul bermotif Burung Garuda paling diminatiUmbul-umbul bermotif Burung Garuda paling diminati

"Jumlah pesanan dari luar daerah meningkat, tapi untuk tingkat lokal cenderung menurun," kata Imam, Minggu (4/8/2019).

Sebelum Agustus, sudah banyak yang memesan bendera maupun umbul-umbul sehingga kondisinya masih bagus dan layak digunakan. Hal itu memicu kebutuhan bendera dan umbul-umbul untuk Peringatan HUT Kemerdekaan RI di bulan Agustus menurun.

Umbul-umbul model klasik banyak diminati masyarakat tahun ini. Model tersebut hanya berwarna merah putih tanpa ada tambahan sablon burung garuda. Imam menjual bendera dan umbul-umbul ini dengan harga yang relatif terjangkau, mulai Rp 10 ribu hingga Rp 130 ribu.

Loading...

"Tergantung ukuran, semakin besar tentu semakin mahal," jelasnya.

Berita Terkait